Saat Hadapi KKB Musuh yang Nyata, Polri dan TNI Bertikai Timbulkan Korban Disesalkan MPR

- Senin, 13 April 2020 | 11:08 WIB
Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)
Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyesalkan pertikaian yang terjadi antara personel TNI dan Polri di Papua. Pertikaian yang terjadi pada Minggu dini hari (12/4/2020) tersebut telah menyebabkan tiga anggota Polri meninggal dunia.

"Atas dalih apapun, aparat yang seharusnya berperan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak dibenarkan larut dalam pertikaian," ujar Bamsoet, Senin (13/4/2020).

Bamsoet mengatakan, bagaimana kedamaian di masyarakat bisa terwujud jika antar-aparat masih bisa terprovokasi. Dia meminta agar semua pihak bisa bekerja sama menjaga stabilitas dan keamanan di Papua.

Bamsoet berharap agar peristiwa tersebut bisa segera diselesaikan, agar TNI dan Polri bisa kembali fokus dengan tugasnya masing-masing.

Dia juga tak ingin ketegangan antar aparat tersebut dimanfaatkan oleh KKB di Papua.

Para personil TNI-Polri yang dibekali senjata, kata Bamsoet harus bisa mengendalikan diri agar tidak mudah terprovokasi. Jika ada masalah, selesaikan secara baik-baik.

"Jangan sampai ketegangan antara aparat keamanan, dimanfaatkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, untuk menciptakan ketakutan di masyarakat," kata Bamsoet.

Sebelumnya, ada kesalahpahaman berujung pertikaian antara anggota Satgas Pamrahwan Yonif 755/20/3 Kostrad dengan anggota Polres Mamberamo Raya.

Akibat pertikaian itu, tercatat sebanyak tiga anggota Polri meninggal dunia dan dua lainnya luka-luka. Untuk dua korban dari anggota Polri lainnya menderita luka tembakan. Saat ini anggota Polri tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Berikut daftar identitas anggota Polri yang meninggal dunia:

1. Briptu Marcelino Rumaikewi, anggota Sat Reskrim Polres Mamberamo Raya. Dia mengalami luka tembak pada leher bagian kanan sebanyak satu kali.

2. Bripda Yosias Dibangga, anggota Sat Sabhara Polres Mamberamo Raya. Dia mengalami luka tembak pada bagian leher kiri satu kali.

3. Briptu Alexander Ndun, anggota Reskrim Polres Mamberamo Raya. Dia mengalami luka tembak pada paha kiri.

Berikut dua identitas anggota Polri yang selamat dan tengah dirawat akibat luka tembak: 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X