Kasus Penipuan Anak Akidi Tio Polda Metro: Jangan Samakan dengan Kasus di Sumsel

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:14 WIB
Kepolisian Daerah Sumatera Selatan pulangkan empat orang anggota keluarga almarhum Akidi Tio (ANTARA/M Riezko Bima Elko.)
Kepolisian Daerah Sumatera Selatan pulangkan empat orang anggota keluarga almarhum Akidi Tio (ANTARA/M Riezko Bima Elko.)

Polda Metro Jaya diketahui saat ini sedang menyelidiki kasus penipuan dan penggelapan yang diduga dilakukan oleh anak Akidi Tio bernama Heriyanti. Polda Metro menegaskan jika kasus yang diusut oleh pihaknya berbeda dengan kasus yang sedang diusut oleh Polda Sumsel.

"Jangan disangkut pautkan dengan permasalahan di daerah Sumsel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Sebab, lanjut Yusri dia menyebut kasus yang diusut oleh pihaknya merupakan kasus penipuan dan penggelapan yang sudah terjadi lama jauh sebelum munculnya kasus dana hibah Rp2 triliun yang saat ini diketahui sedang diusut oleh Polda Sumsel.

Baca Juga: Harapan Pupus Sudah, PPATK Pastikan Bilyet Giro Rp2 Triliun Akidi Tio Tidak Ada

"Karena ini memang sudah sejak Februari 2020, ini pun permasalahannya penipuan penggelapan yang dilaporkan pelapor itu sejak 2018 yang lalu tentang adanya penipuan penggelapan yang dilakukan oleh terlapor saudari H," beber Yusri.

Sekedar informasi, anak Akidi Tio, Heriyanti ternyata tidak hanya tersandung kasus dana hibah Rp2 triliun di Sumsel. Dia ternyata juga tersandung kasus berbeda dan ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Kasus yang berkaitan dengan penipuan dan penggelapan itu sendiri dilaporkan oleh seorang pelapor bernama Ju Bang Kioh pada Februari 2020 yang lalu. Modus kasus ini yakni dengan cara mengajak kerjasama bisnis hingga kerugian korban mencapai Rp7,9 miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X