The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gereja Katedral Jakarta Terapkan Prokes Ketat Selama Misa Natal
Uskup Agung Jakarta, Kardinal ignatius Suharyo (kedua kiri) sebelum melaksanakan Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu (25/12/2021). (FOTO ANTARA/ Zubi Mahrofi)
News

Gereja Katedral Jakarta Terapkan Prokes Ketat Selama Misa Natal

Cegah penularan Covid-19.

Sabtu, 25 Desember 2021 11:15 WIB 25 Desember 2021, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Gereja Katedral Jakarta memastikan pelaksanaan Misa Natal 2021 dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona yang telah menyebabkan pandemi di berbagai negara. 

"Umat yang mau beribadah harus terdaftar. Jadi memiliki seperti nomor daftar dan tidak boleh melintas antar paroki. Ini gunanya untuk memudahkan tracing," kata Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral Jakarta, Susyana Suwadie, di Jakarta, Sabtu (25/12/2021).

Selain itu, dia melanjutkan, umat yang akan melaksanakan ibadah juga diharuskan untuk mengakses barcode pada aplikasi PeduliLindungi. Hal ini sebagaimana instruksi pemerintah untuk mengurangi penularan Covid-19.

Umat juga diwajibkan untuk selalu menggunakan masker selama ibadah, kecuali saat menerima komuni.

Susyana menekankan, aturan-aturan ketat ini diterapkan untuk keamanan dan kenyamanan umat dalam melaksanakan rangkaian ibadat. Dengan penerapan prokes secara ketat, diharapkan pelaksanaan ibadah tidak menjadi klaster penularan virus corona.

"Tentunya kita masih prihatin dengan terjadinya pandemi, dan ini Natal kedua dimana kita mengalami pandemi," katanya.

Untuk memastikan prokes dilaksanakan oleh seluruh umat, Satuan Gugus Kendali Paroki di bawah Gugus Kendali Keuskupan Agung Jakarta, melaksanakan pemantauan terhadap umat yang datang ke area gereja.

Gereja Katedral Jakarta juga membatasi jumlah umat yang hadir dalam ibadah misa Natal 2021 menjadi 40 persen dari kapasitas gereja.

"Kapasitas tahun ini 40 persen, atau 650 umat di tiga lokasi, yakni 310 orang di dalam gereja, 210 orang di aula atas, dan 130 orang di Plaza Maria," kata Susyana.

Susyana juga menjelaskan, pada Natal 2021 Gereja Katedral mengusung tema Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan. Pelaksanaan Misa Natal akan dilangsungkan dalam tiga sesi pada Sabtu (25/12/2021). 

Sesi pertama dilakukan pada pukul 09.00 WIB yang dilaksanakan dengan tatap muka dan disiarkan di TVRI. Selanjutnya, pukul 11.00 WIB yang berlangsung secara daring dan disiarkan Kompas TV. Misa terakhir akan berlangsung  pukul 17.00 WIB secara tatap muka dan daring.

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US