Korut Coba Bobol Sistem Pertahanan Rudal AS

- Rabu, 15 Desember 2021 | 15:01 WIB
Rudal Balistik Antarbenua (ICBM) Korea Utara. (NKNEWS)
Rudal Balistik Antarbenua (ICBM) Korea Utara. (NKNEWS)

Badan Riset Kongres atau Congressional Research Services/CRS Amerika Serikat (AS) melaporkan upaya Korea Utara (Korut) untuk membumihanguskan AS, dengan membombardirnya menggunakan rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM). Korut juga berupaya membobol sistem pertahanan rudal AS di kawasan Asia Timur Laut. 

“Korea Utara meningkatkan kemampuannya untuk menyerang seluruh benua Amerika Serikat dengan ICBM melalui serangkaian tes pada 2017,” kata laporan yang dikutip Yonhap, Rabu (15/12/2021).

Dalam laporan yang dirilis pada Senin (13/12/2021), disebutkan bahwa upaya tersebut dilakukan Korut dengan melakukan serangkaian uji coba rudal jarak pendek dan menengah yang dilakukan tahun ini.

"Kemajuan program uji coba rudal balistik Korut tampaknya diarahkan untuk membobol atau menurunkan efektivitas pertahanan rudal di kawasan," kata 

Disebutkan dalam laporan tersebut, sistem pertahanan yang diincar Korut adalah sistem anti-rudal  Patriot, Aegis Ballistic Missile Defense (BMD), dan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD).

Laporan tersebut juga menyebut Korut mengalami progres positif dalam uji coba submarine-launched ballistic missiles (SLBM) atau rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

"Kemajuan Korut dengan SLBM menunjukkan upaya untuk melawan pertahanan rudal THAAD berbasis darat, dengan meluncurkan serangan dari posisi di laut di luar bidang pandang radar THAAD,” kata laporan tersebut.

Korut telah melakukan delapan kali uji coba SLBM, termasuk kendaraan luncur hipersonik tahun ini. Uji coba terakhir dilakukan pada 19 Oktober 2021.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X