Bocah Afghanistan yang Dievakuasi dari Kabul Meninggal di Polandia Usai Makan Jamur

- Jumat, 3 September 2021 | 10:58 WIB
Ilustrasi - jamur beracun. (freepik)
Ilustrasi - jamur beracun. (freepik)

Seorang bocah laki-laki Afghanistan berusia 5 tahun yang berhasil dievakuasi dari Kabul meninggal di Polandia setelah memakan jamur beracun.

Anak-anak lelaki itu dirawat di rumah sakit anak-anak utama Polandia minggu lalu bersama dengan kakak perempuannya.

Dilansir Daily Mail, Polandia mengevakuasi keluarga tersebut bulan lalu atas permintaan Inggris, karena sang ayah telah bekerja untuk Inggris dan dianggap dalam bahaya setelah Taliban mengambil alih Afghanistan.

Keluarga itu tiba di Polandia pada 23 Agustus, keesokan harinya mereka memetik dan memakan jamur topi yang sangat beracun di hutan sekitar pusat pengungsi tempat mereka tinggal di Podkowa Lesna, dekat Warsawa.

Baca juga: Terinfeksi dari Kucing Peliharaannya, Kepala Gadis Muda Ini Jadi Botak

Bocah laki-laki itu kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, tapi sayangnya dia tidak dapat diselamatkan.

-
Pengungsi Afghanistan. (REUTERS/Evelyn Hockstein)

Anak laki-laki itu menderita kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki, sehingga transplantasi hati tidak dapat dilakukan.

Berdasarkan laporan media lokal, keluarga itu pergi mencari makan karena mereka tidak diberi cukup makanan.

Namun para pejabat membantahnya, Jakub Dudziak, juru bicara Kantor Urusan Asing, yang mengelola pengungsi Afghanistan di Polandia, mengatakan para pengungsi menerima tiga kali makan sehari.

Dia juga menambahkan bahwa staf di pusat-pusat pengungsi telah diberitahu untuk memperingatkan warga Afghanistan agar tidak memakan jamur liar. 

Insiden ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X