Taliban Sebut PBB Janjikan Bantuan untuk Masyarakat Afghanistan

- Senin, 6 September 2021 | 10:30 WIB
Masyarakat Afghanistan saat mengantre untuk mengambil uang di bank. (REUTERS/Stringer)
Masyarakat Afghanistan saat mengantre untuk mengambil uang di bank. (REUTERS/Stringer)

Pejabat senior Taliban bertemu wakil sekjen PBB untuk urusan kemanusiaan di Kabul pada Minggu (5/9), di mana PBB menjanjikan bantuan berkelanjutan bagi rakyat Afghanistan, demikian menurut juru bicara Suhail Shaheen.

Kepala kantor politik Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar dan pejabat lainnya menemui Martin Griffiths saat Afghanistan menghadapi kemungkinan krisis bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh kekeringan parah dan kondisi ekonomi yang hancur.

"Delegasi PBB berjanji bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan berlanjut, mengatakan ia akan meminta bantuan lebih lanjut untuk Afghanistan selama pertemuan negara-negara donor mendatang," cuit Shaheen di Twitter.

Afghanistan, salah satu negara termiskin di dunia, terperosok ke dalam krisis dengan penyetopan tiba-tiba bantuan asing miliaran dolar menyusul runtuhnya pemerintahan yang didukung oleh Barat dan kemenangan Taliban Agustus lalu.

Menurut Shaheen, Taliban meyakinkan delegasi PBB tentang kerja sama dan penyediaan fasilitas yang dibutuhkan. PBB diperkirakan akan mengadakan konferensi bantuan internasional di Jenewa pada 13 September untuk membantu menghindari apa yang disebut Sekjen PBB Antonio Guterres "bencana kemanusiaan samar."

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X