The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kepala BNPT: Ada 216 Orang Diamankan Selama Tahun 2021 Terkait Terorisme
Kepala BNPT Boy Rafli Amar. (Instagram/boyrafliamar)
News

Kepala BNPT: Ada 216 Orang Diamankan Selama Tahun 2021 Terkait Terorisme

Di seluruh Indonesia.

Kamis, 27 Mei 2021 15:20 WIB 27 Mei 2021, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar, menyebut ada 216 orang yang ditangkap sepanjang 2021 terkait dugaan aksi terorisme.

Demikian dikatakan Boy dalam rapat kerja bersama dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

"Hasil penegakan hukum terkait tindak pidana terorisme, terdata dari Januari hingga Mei 2021 terdapat 216 orang," kata Boy.

Dia merinckan 216 orang diamankan terkait dugaan terorisme ini terdiri dari 7 orang kelompok jamaah Islamiyah, 144 orang kelompok Jamaah Ansharu Daulah (JAD) dan 1 orang deportan.

Di sisi lain, dia memaparkan aksi terorisme di tahun ini. Mulai dari kejadian aksi teror di Gereja Katedral Makassar pada 28 Maret 2021 lalu, aksi teror di Mabes Polri pada 31 Maret 2021 dan aksi yang dilakukan oleh kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT).

"Untuk kejadian di Makkasar, BNPT langsunf melaksanakan koordinasi dengan forum koordinasi Pencegahan Terorisme, Forum Komunikasi Umat Beragama, para pimpinan Organisasi Keagamaan, perwakilan dari tokoh perempuan, perwakilan dari alim ulama di Makassar," bebernya.

BACA JUGA: BNPT Sebut Ada 1.500 WNI Jadi Teroris Lintas Batas, Ini Penjelasan Lengkapnya

Selanjutnya, terkait dengan peristiwa aksi terorisme yang dilakukan oleh Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) terhadap empat orang warga sipil di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pemerintah telah melakukan langkah-langkah dan upaya.

"Melakukan penanganan wilayah secara komprehensif dan perimeter/pembatasan terhadap lokasi-lokasi pergerakan kelompok MIT melalui analisis intelijen dan IT," ungkap Boy.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US