Tragis, Pratu Ida Bagus Ditembak dari Dekat, Separatis Papua Nyamar Pakai Baju Loreng

- Rabu, 22 September 2021 | 22:31 WIB
Pratu Ida Bagus Putu S semasa hidup. (Istimewa)
Pratu Ida Bagus Putu S semasa hidup. (Istimewa)

Fakta baru terungkap terkait gugurnya Pratu Ida Bagus Putu Suwarman, yang ditembak oleh kelompok separatis Papua di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa pagi (21/9/2021).

Ternyata, Ida Bagus meninggal dunia usai ditembak dari jarak dekat oleh separatis Papua yang menyamar dengan memakai baju loreng-loreng yang menyerupai seragam tentara Papua Nugini.

Jenazah Pratu Ida Bagus dikabarkan telah tiba di Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/9/2021).

Menurut Kepala Seksi Rohin Bintaldan Kodam XII Tanjungpura, Mayor Infanteri I Ketut Arsana, jenazah Pratu Ida Bagus langsung dibawa ke rumah duka di Ngabang, Kabupaten Landak sesuai permintaan pihak keluarga, dan dimakamkan di Tamam Makam Pahlawan.

Pemakamannya akan digelar secara militer pada Kamis (23/9) pukul 10.00 WIB.

"Atas dharma bhaktinya dalam menjalankan tugas negara maka Pratu Ida Bagus Putu Suwarman mendapat anugerah kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat dari Prajurit satu menjadi Prajurit Kepala," kata Mayor Inf I Ketut Arsana.

-
Jenazah Pratu Ida Bagus tiba di kediamannya. (Foto ANTARA/Jessica HW)

Adapun Ida Bagus tewas tertembak saat mengamankan Bandara Kiwi yang digunakan untuk jalur evakuasi jenazah Suster Gabriela Meilani di distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Adapun baku senjata antara kelompok separatis pimpinan Lamek Taplo dengan TNI/Polri terjadi sejak Senin (13/9/2021). 

Selain baku tembak, kelompok separatis yang dibantu warga setempat menyerang tenaga kesehatan dan melakukan pembakaran fasilitas umum.

-
Suster Gabriella Meilani semasa hidup. (ist)

Empat nakes yang masih dirawat di RS Marthen Indey bernama dr. Restu Pamanggi, Katrianti Tandila, Emanuel Abi, dan Kristina Sampe Tonapa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X