Antisipasi Kecelakaan Pesawat, Polda Sumut Cek Urine Pilot dan Pramugari yang Mau Terbang

- Sabtu, 30 April 2022 | 18:01 WIB
Dit Reserse Narkoba Polda Sumut gelar tes urine terhadap pramugari maskapai penerbangan di Bandara Kualanamu. (Foto/Istimewa)
Dit Reserse Narkoba Polda Sumut gelar tes urine terhadap pramugari maskapai penerbangan di Bandara Kualanamu. (Foto/Istimewa)

Tim Direktorat (Dit) Reserse Narkoba Polda Sumut melaksanakan pemeriksaan urine terhadap awak dan kru angkutan darat, laut, udara, dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022.

Pemeriksaan urine terhadap awak dan kru angkutan itu sebagai bentuk upaya mencegah peredaran narkoba serta mencegah terjadinya kecelakaan akibat tindak penyalahgunaan narkotika.

Seperti pemeriksaan angkutan udara, Tim Dit Res Narkoba Polda Sumut melakukan cek urine terhadap awak dan kru pesawat di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang.

"Pilot, pramugari yang mau terbang kita lakukan tes urine. Langkah ini untuk mengantisipasi kecelakaan pesawat akibat pengaruh narkoba," kata Direktur Res Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Wisnu Adji, Sabtu (30/4).

Wisnu juga meminta kepada petugas kargo untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengiriman barang serta barang bawaan penumpang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba saat arus mudik lebaran.

"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tes urine terhadap angkutan ini untuk memastikan awak dan kru tidak ada yang mengonsumsi narkotika. Ini untuk menjaga keselamatan penumpang dari human error," sebut.

Wisnu menambahkan, terhadap kru dan awak angkutan darat, laut, udara yang positif mengonsumsi narkoba akan dilakukan assement (rehabilitasi).

"Tes urine ini akan terus digelar Dit Res Narkoba Polda Sumut selama libur lebaran Idul Fitri dalam mencegah tindak penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Sumatera Utara," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X