Presiden Jokowi Kumpulkan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Ini yang Dibahas

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:17 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Beberapa pimpinan lembaga tinggi negara melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti salah satunya adalah Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan para pimpinan lembaga tinggi digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (27/8/2021). Menurut Puan, saat pertemuan itu menegaskan komitmen DPR untuk bersama-sama pemerintah bahu-membahu dalam menangani pandemi Covid-19.

“DPR RI memberikan apresiasi dan dukungan atas upaya pemerintah dalam bertindak cepat untuk mengatasi pandemi dan dampaknya pada bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan budaya,” kata Puan dalam keterangannya, Jumat (27/8/2021).

“Pemerintah agar terus meningkatkan kinerjanya dalam penanganan pandemi, yang diperlihatkan melalui kebijakan yang solid, implementasi yang bersinergi, dan adanya holding statement yang sama,” tambah Puan.

Ia mengingatkan pentingnya soliditas di masa pandemi Covid-19. Politikus PDIP ini juga meminta agar jajaran pemerintah satu suara dalam menerapkan kebijakan.

“Teknis di lapangan memang terkadang dinamis, namun segala kekurangan bisa diperbaiki. Saya pribadi optimistis Indonesia bisa melewati badai ini jika semua elemen bangsa bersatu dan mau memikul beban bersama-sama,” tuturnya.

Ia mengungkapkan Presiden Jokowi menyampaikan perkembangan penanganan pandemi Covid-19. Termasuk juga program vaksinasi nasional di mana Indonesia saat ini berada dalam peringkat ke-7 negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia.

“Semangat gotong royong dalam menghadapi Covid-19 sangat dibutuhkan. DPR akan terus membantu penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah demi penyelamatan rakyat. Saatnya semua elemen bangsa bersatu melawan musuh bersama ini,” jelas Puan.

Kemudian, kata Puan, Presiden Jokowi turut berbicara mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah berjalan dalam beberapa bulan terakhir. Kebijakan PPKM dinilai berhasil menekan lonjakan kasus Covid-19.

Menanggapi hal itu, Puan meminta pemerintah untuk membuat desain kuat penanganan Covid-19 pada Rancangan APBN 2022. Hal tersebut dinilai penting sebagai antisipasi munculnya varian-varian baru Covid-19.

“Dan Kementerian/Lembaga agar menerapkan belanja kebutuhan dengan lebih baik. Sekaligus agar pembangunan prioritas dan pelayanan umum tetap dapat berjalan,” tegas Puan.

BACA JUGA: 610 Sekolah Mulai Dibuka Senin Depan, Anies Ungkap Belum 100 Persen Guru Divaksin

Selain itu dilanjutkan Puan pada pertemuan hari ini Presiden Jokowi juga mengungkap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru akan tetap berjalan, namun menunggu waktu yang tepat. Kepada Kepala Negara, ia menyatakan DPR bisa menerima hal tersebut.

“Namun agar semua hal terkait regulasi dan teknis bisa dipersiapkan dengan baik dan matang. Serta perlu dikoordinasikan lebih lanjut dengan DPR RI,” tutup mantan Menko PMK itu.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X