Presiden Larang Menteri ke Luar Negeri, Pramono: Jajaran Kabinet Harus Peka

- Jumat, 16 Juli 2021 | 23:14 WIB
Sekretaris Kabinet, Pramono Agung,  sedang diwawancarai oleh awak media di Istana Negara, (Foto/Kanal YouTube Skretariat Presiden)
Sekretaris Kabinet, Pramono Agung, sedang diwawancarai oleh awak media di Istana Negara, (Foto/Kanal YouTube Skretariat Presiden)

Sekretaris Kabinet, Pramono Agung, mengungkapkan, Presiden Jokowi dengan tegas melarang seluruh menteri maupun kepala lembaga pergi keluar negeri bila tidak ada hal yang bersifat khusus serta tanpa ada izin dari presiden.

“Meneteri yang boleh bepergian ke luar negeri hanya Menteri Luar Negeri, karena memang sesuai dengan bidang tugasnya. Yang lainnya, kalau ada hal yang bersifat khusus harus mendapatkan izin secara langsung dari Bapak Presiden,” pungkas Pramono seperti yang dikutip Indozone, Jumat (16/7/2021).

Sebelumnya telah diketahui, dua pembantu Presiden Joko Widodo, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan M. Lutfi pelesiran ke Amerika Serikat.

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial, keduanya tampak sumringah dan tidak mengenakan masker. Bahlil dan Lutfi juga ditemani Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H. Maming, dan mantan anggota DPR Demokrat, Michael Wattimena.

Dalam kesempatan ini, Pramono mengatakan, arahan Presiden Jokowi kepada seluruh jajarannya di Kabinet agar memiliki rasa kepekaan sosial dalam suasana pandemi saat ini.

“Presiden telah menegaskan bahwa dalam PPKM Darurat ini tentunya sense of crisis seluruh kementerian/lembaga, para pemimpin itu harus ada,” ujarnya.

Selain itu, Presiden mengimbau kepada kementerian/lembaga untuk proaktif membuat dan memfasilitasi isolasi mandiri (isoman) bagi pegawainya yang terpapar COVID-19. Ia memperkirakan setiap kementerian/lembaga atau pemerintah daerah dapat memfasilitasi 300-500 pasien.

“Untuk itu, dibuat secara baik, dipersiapkan, dan kemudian nanti pemerintah juga bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh obat-obatan kepada isoman yang akan bergabung itu,” pungkasnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X