FOTO: Belgia Menetapkan Hari Berkabung Nasional Usai 20 Orang Tewas Akibat Banjir

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:57 WIB
REUTERS/Yves Herman
REUTERS/Yves Herman

Belgia mengumumkan Hari Berkabung Nasional pekan depan usai korban tewas akibat meluapnya sungai dan banjir bandang di selatan dan timur negara itu meningkat menjadi 20 korban, dan 20 orang lainnya masih hilang.

"Ini seharunya menjadi hari-hari musim panas yang indah, namun tiba-tiba berubah menjadi hari-hari yang gelap dan sangat menyedihkan bagi warga kita," kata Perdana Menteri Alexander De Croo dalam konferensi pers.

Hujan selama seminggu secara terus menerus di Belgia akhirnya berhenti. Meski begitu, warga di seluruh bagian Belgia masih khawatir dengan kondisi Sungai Meuse yang mengalir melalui Kota Liege di Belgia Timur yang terus naik dan berpotensi meluap.

"Kami berjuang, kami merenovasi segalanya, kami kehilangan semua yang kami miliki. Sekarang kita harus mulai dari nol dan bekerja sedikit demi sedikit untuk mengembalikannya," kata Sylvia Calvo Lorente (33).

Di Kota Timur Verviers, sungai yang meluap masih mengalir melalui jalan-jalan, dan orang-orang masih mencoba menyelamatkan toko, rumah, dan harta mereka yang tersisa.

"Kami berhasil melewati COVID, kami berharap kami bisa bangkit kembali dan sekarang lihat!" kata seorang penjaga toko sambil menangis, dikutip dari Reuters.

Banjir bandang ini menyebabkan lebih dari 20.000 orang di wilayah selatan Wallonia mengalami pemadaman listrik, kekurangan air bersih, dan sebagian besar jaringan rel di Belgia Selatan tidak dapat digunakan.

Atas bencana naas ini, Pemerintah Belgia telah menetapkan Selasa depan (20/7/2021) sebagai Hari Berkabung Nasional.

-
REUTERS/Yves Herman
-
REUTERS/Yves Herman
-
REUTERS/Yves Herman
-
REUTERS/Yves Herman
-
REUTERS/Yves Herman
-
REUTERS/Yves Herman
-
REUTERS/CELINE SEPTON
-
REUTERS/Bart Biesemans

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X