Lagu Kebanggsaan Tiongkok di Olimpiade Diejak Warga Hong Kong, Polisi Turun Tangan

- Jumat, 30 Juli 2021 | 16:13 WIB
Ilustrasi kontingen Tiongkok di Olimpiade Tokyo 2020 (REUTERS/Marko Djurica)
Ilustrasi kontingen Tiongkok di Olimpiade Tokyo 2020 (REUTERS/Marko Djurica)

Polisi Hong Kong mengatakan akan melakukan penyelidikan untuk kasus ejekan terhadap lagu kebangsaan Tiongkok. Insiden tersebut sendiri terjadi di sebuah pusat perbelanjaan yang menyiarkan langsung kemenangan medali emas Olimpiade pertama kota itu awal pekan ini.

Melansir dari Antara, Lebih dari 100 orang berkumpul pada Senin malam (26/7) di sebuah pusat perbelanjaan untuk menonton di layar lebar kemenangan pemain anggar asal Hong Kong, Cheung Ka Long, dalam pertandingan Olimpiade anggar untuk putra.

Polisi mengatakan mereka mengajukan keluhan bahwa beberapa orang mencemooh ketika lagu kebangsaan Tiongkok dimainkan selama upacara pemberian penghargaan, menurut media lokal. Beberapa orang berteriak "Kami adalah Hong Kong", menurut berita South China Morning Post pada Jumat.

"Polisi telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut dan akan mengumpulkan bukti yang relevan," kata polisi Hong Kong kepada Reuters dalam sebuah pernyataan.

Namun, pihak kepolisian tidak memberikan keterangan lebih lanjut. Hong Kong mengesahkan undang-undang keamanan nasional pada Juni 2020 yang dapat mengkriminalisasi segala tindakan yang tidak menghormati lagu kebangsaan Tiongkok.

Siapa pun yang terbukti bersalah menyalahgunakan atau menghina lagu tersebut dapat dipenjara hingga tiga tahun dan didenda. 

Siaran Olimpiade di pusat perbelanjaan pada Senin itu adalah kesempatan langka bagi warga Hong Kong untuk berkumpul, dengan jumlah orang terbatas dalam satu kelompok, sejak awal 2020 akibat pandemi virus corona.

COVID-19 dan undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan oleh Beijing pada Juni 2020 telah secara efektif mengakhiri aksi protes massa pro-demokrasi yang dimulai pada 2019. Massa melakukan protes terhadap pengetatan cengkeraman Tiongkok di kota bekas jajahan Inggris itu.

Sejak undang-undang tersebut berlaku, para politisi dan aktivis pro-demokrasi yang paling terkemuka di Hong Kong telah didakwa dan beberapa dipenjara. Sejumlah aktivis dan politisi lainnya telah meninggalkan Hong Kong dan mengasingkan diri.

Pihak berwenang Tiongkok dan Hong Kong mengatakan undang-undang keamanan nasional itu penting untuk memulihkan stabilitas. Pihak berwenang juga mengatakan bahwa semua tuntutan hukum didasarkan pada bukti dan tidak ada hubungannya dengan latar belakang atau profesi orang tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X