Gantikan Andika Perkasa, Bakti Agus dan Dudung Diprediksi Paling Berpotensi Jadi KSAD

- Kamis, 4 November 2021 | 15:33 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) akan kosong jika nantinya Jenderal Andika Perkasa lolos fit and proper test sebagai Panglima TNI. Lalu siapa kira-kira sosok yang dipandang pantas mengisi jabatan Kasad?

Anggota Komisi I DPR RI Tb Hasanuddin memprediksi, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen Bakti Agus Fadjari serta Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman menjadi paling berpeluang menjabat Kasad.

Hal ini dikarenakan biasanya yang diangkat menjadi Kasad mereka bintang tiga yang mempunyai jabatan Wakasad atau Pangkostrad.

"Mereka yang bintang tiga diangkat dari Wakasad atau Pangkostrad itu yang sudah-sudah seperti itu. Jadi yang ada di sini memenuhi persyaratan dari kebiasaan kecuali misalnya ada petunjuk lain ya itu satu adalah Letjen Bakti Agus wakasad, dan Letjen Dudung Pangkostrad," kata TBHasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Memang diakuinya sekarang ini ada enam Jenderal bintang tiga selaun Letjen Bakti dan Letjen Dudung. Mereka adalah Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono, Kepala BAIS TNI Letjen Joni Supriyanto, Komandan Pusat Teritorial TNI AD Letjen Teguh Arief Indratmoko, dan Komandan Pusat Persenjataan Infanteri TNI AD Letjen Arif Rahman.

Hanya saja Tb Hasanuddin enggan berandai-andai perihal siapa di antara dua sosok antara Letjen Bakti Agus dan Letjen Dudung yang bakal menjadi Kasad.

"Ya kira-kira siapa saya tidak mau berandai-andai ya kita tunggu saja keputusan presiden nanti," tandas Politikus PDIP itu.

Seperti diberitakan sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jendral Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang baru untuk menggantikan peran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Bahkan surat presiden (surpres) sudah dikirimkan oleh Presiden Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Adapun surat tersebut diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani. Di mana Presiden Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

BACA JUGA: Vanessa Angel dan Suami Meninggal Dunia Karena Kecelakaan di Tol Jatim

“Presiden dalam suratnya hanya mengajukan satu nama, presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X