Kisah Mualaf Jujur yang Kembalikan Uang Rp25 Juta, Meski Hidup Berkekurangan

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 16:49 WIB
Kisah mualaf jujur kembalikan uang Rp25 juta (Instagram/masjidalmakmur)
Kisah mualaf jujur kembalikan uang Rp25 juta (Instagram/masjidalmakmur)

Seorang pria yang merupakan jamaah masjid Oman Al-Makmur di Lampriet, Kota Banda Aceh, menjadi perbincangan karena mengembalikan sebuah tas berisi uang sebanyak Rp25 juta.

Pria bernama Insyafuddin ini menemukan tas tersebut pada Rabu (27/10/2021). Pria yang merupakan mualaf dari Sumatera Utara ini heran kenapa tas tersebut tak diambil dari ashar hingga maghrib.

Dia pun mengambil tas itu dengan niat diserahkan ke pengurus masjid. Saat tas dicek, ternyata isinya uang puluhan juta rupiah. Insyafuddin kaget dan buru-buru mencari pengurus masjid agar tas itu segera diamankan.

Pada subuh keesokan harinya, pemilik uang pun datang kembali ke masjid dan diserahkan tas tersebut tanpa kurang sedikit pun.

Insyafuddin sendiri merupakan perantauan di Aceh, tapi kini tak memiliki pekerjaan. Sehari-hari, dia tinggal di Masjid Oman Al-Makmur.

Setiap pagi, beliau salat di Masjid RSUZA karena tersedia sarapan pagi disana bagi jamaah yang tidak mampu. Dan di siang harinya, Insyafuddin berjalan jauh dari Lampriet ke Masjid Taqwa Muhammadiyyah Merduati untuk mendapatkan nasi bungkus gratis.

Jamaah masjid Oman lain mengaku, bahwa Insyafuddin adalah sosok yang selalu menjaga shalat lima waktu dan panjang dalam berdoa. Dia juga sering membaca buku yang tersedia di Masjid Oman dan kerap bercengkerama dengan jamaah masjid di pos keamanan.

Atas kebaikan dan kejujuran Insyafuddin, Pengurus Masjid Oman Al-Makmur memberikan ruangan khusus untuknya tinggal, dan dipekerjakan sebagai petugas kebersihan masjid agar memiliki penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X