The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Letjen Dudung Diprediksi Jabat KSAD Gantikan Andika Perkasa
Letjen Dudung Abdurachman (wikipedia).
News

Letjen Dudung Diprediksi Jabat KSAD Gantikan Andika Perkasa

Andika Perkasa calon Panglima TNI.

Rabu, 03 November 2021 19:41 WIB 03 November 2021, 19:41 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha menyatakan pihaknya sangat mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memilih Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI.

Dia berkata, dibandingkan kepala staf angkatan yang lain Andika lah yang paling senior, sehingga tak mungkin Presiden Jokowi memilih sosok yang lebih junior dari Andika.

Baca Juga: Fakta-Fakta Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Dekat dengan Amerika Serikat

“Keputusan mencalonkan jenderal Andika Perkasa itu kebijakan yang sangat bijak, karena tidak mungkin Angkatan Laut yang lebih junior dari pak Andika kemudian menduduki jabatan panglima TNI,” tutur Tamliha di Kompeks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Jika nantinya Andika disetujui DPR maka jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan kosong. Tamliha memprediksi Pangkostrad bakal diisi oleh Letjen Dudung Abdurachman.

“Tentu jabatan KSAD kan akan kosong, saya prediksi pak Dudung yang akan jadi KSAD, gantikan Andika,” beber Tamliha.

Kemudian Politikus PPP ini memprediksi jabatan Panglima TNI akan diberikan kepada KSAL Laksamana Yudo Margo jika Andika Perkasa pensiun. Di mana Andika hanya akan menjabat sampai tahun 2022 saja.

"Dia sudah jadi mitra cukup lama di Komisi I. Jabatan itu akan diberikan Presiden ke Pak Andika sampai nanti pensiun di 2022 akhir, dan Pak Yudo juga akan mendapatkan kesempatan jadi Panglima TNI, setelah Pak Andika pensiun,” tandas Tamliha.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jendral Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang baru untuk menggantikan peran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Bahkan surat presiden (surpres) sudah dikirimkan oleh Presiden Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Adapun surat tersebut diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani. Di mana Presiden Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Presiden dalam suratnya hanya mengajukan satu nama, presiden telah menyampaikan surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Lanjar Wiratri
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US