The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erupsi Gunung Semeru, Puan: Utamakan Penyelamatan Warga Sekitar yang Terjebak
Kondisi erupsi gunung Semeru. (IDZ Creator Community)
News

Erupsi Gunung Semeru, Puan: Utamakan Penyelamatan Warga Sekitar yang Terjebak

Bekerjasama.

Minggu, 05 Desember 2021 09:07 WIB 05 Desember 2021, 09:07 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah bersama dengan instansi terkait agar dapat memprioritaskan penyelamatan masyarakat yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru.

“Utamakan penyelamatan warga terdampak gunung meletus, terutama untuk warga di sekitar Gunung Semeru yang terjebak di sekitar rumahnya dan belum berhasil menyelamatkan diri,” kata Puan dikutip Minggu (5/12/2021).

Puan menekankan kepada pemerintah daerah agar mengoptimalkan koordinasi dengan BPBD, TNI/Polri dan berbagai lembaga/instansi lainnya.

Apalagi menurutnya warga Desa Curah Kobokan, Lumajang, yang berada di lereng Gunung Semeru sempat dilaporkan tengah membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Viral Angkot Tertabrak Kereta Api di Medan, Penumpang Tewas & Supir Diamuk Warga

Warga yang tak sempat keluar dari desa saat erupsi terjadi kini berlindung di masjid dan membutuhkan evakuasi karena posisinya terjebak lava pijar. Erupsi Gunung Semeru juga membuat dua kecamatan di Lumajang dalam kondisi gelap gulita. Puan mengingatkan Pemda untuk memastikan kebutuhan warga terpenuhi.

“Kerahkan potensi-potensi tim SAR terdekat untuk membantu evakuasi warga. Hal ini harus menjadi prioritas mengingat warga yang tinggal di sekitar lereng Semeru tak membawa apa-apa saat berusaha menyelamatkan diri,” urai Puan.

Selain melakukan evakuasi terhadap masyarakat, menurut mantan Menko PMK pemerintah daerah harus menyerapkan perlengkapan medis hingga pengungsian yang nyaman. Khususnya kepada balita, anak-anak hingga lansia.

“Keprihatinan mendalam kami haturkan kepada warga Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang, yang tengah diterpa bencana gunung meletus. Warga, kami harap untuk selalu waspada dan selalu memperhatikan keselamatan diri serta keluarga. Jangan mendekati area-area yang membahayakan dan berisiko,” tutup Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US