Banjir Landa Jakarta, DPR: Jangan Saling Lempar Tanggung Jawab

- Kamis, 2 Januari 2020 | 11:34 WIB
Foto udara banjir yang menggenangi Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (1/2). (Indozone/Arya Manggala)
Foto udara banjir yang menggenangi Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (1/2). (Indozone/Arya Manggala)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta semua stakeholder untuk tidak saling lempar tanggung jawab terkait bencana banjir yang melanda wilayah Jabodetabek. 

Puan mengimbau semua instansi terkait seperti, Kementerian Sosial, Kementerian PUPR, Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta Pemerintah Daerah, untuk memaksimalkan komunikasi dan koordinasi.

"DPR meminta agar bencana banjir yang melanda Jabodetabek untuk segera diatasi melalui koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait," kata Puan dalam keterangan pers yang diterima redaksi Indozone, Kamis (2/1).

Puan mendorong instansi terkait untuk mengutamakan penyelamatan masyarakat terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya. Menurutnya, masih banyak korban yang belum dievakuasi dari rumah mereka yang terkepung banjir, khususnya di Tangerang, Bekasi, dan Bogor. 

-
Ilustrasi banjir yang melanda Jakarta, Kamis (1/2). (Indozone/Arya Manggala)

"Karena itu tim evakuasi harus menyisir seluruh wilayah terdampak untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak," ujarnya. 

BNPB, sambungnya, harus terus melakukan operasi tanggap darurat secara menyeluruh. Dari operasi penyelamatan para korban, pendirian tempat pengungsian, dapur umum, pengamanan rumah dan aset korban, serta antisipasi munculnya penyakit-penyakit pascabanjir.

Pemerintah juga diminta untuk mengerahkan seluruh kementerian dan lembaga terkait agar membantu masyarakat terdampak banjir dan segera melakukan upaya pemulihan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X