Ini Langkah Teknis yang Disiapkan Kemenlu Evakuasi WNI dari Wuhan

- Jumat, 31 Januari 2020 | 07:10 WIB
Suasana Kota Wuhan di Tiongkok setelah merebaknya virus korona (REUTERS/Stringer)
Suasana Kota Wuhan di Tiongkok setelah merebaknya virus korona (REUTERS/Stringer)

Pemerintah Tiongkok dikabarkan sudah siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus Novel Corona (nCov), Provinsi Hubei ke Indonesia. 

Saat ini, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tengah mematangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari 7 titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (bandara di Wuhan). 

Berikut tata cara dan persiapan yang Kemenlu lakukan dalam upayanya memulangkan WNI dari Wuhan, seperti mengutip rilis yang diterima Indozone, Kamis (30/1/2020).

  1. Tim KBRI Beijing akan berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan. KBRI telah meminta para WNI di Hubei menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya. 
  2. Kementerian Luar Negeri RI sudah bekerjasama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses evakuasi ini.
  3. Tugas utama Kementerian Luar Negeri RI adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, nantinya instansi terkait lain juga akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X