Anak-Anak Korban Pelecehan Seksual Cenderung Jadi Pelaku saat Dewasa
Ilustrasi pelecehan seksual pada anak (Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas)
News

Anak-Anak Korban Pelecehan Seksual Cenderung Jadi Pelaku saat Dewasa

Pelecehan seksual berkaitan dengan masa lalu.

Selasa, 07 Januari 2020 18:15 WIB 07 Januari 2020, 18:15 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa perilaku kejahatan seksual berkaitan dengan masa lalu si pelaku. Seseorang yang mengalami pelecehan seksual saat kecil cenderung memiliki penyimpangan seksual.

Berdasarkan data di Amerika Serikat, Seksolog Zoya Amirin mengatakan kurang lebih 30% korban pelecehan seksual yang tidak direhabilitasi dengan baik dapat menjadi pelaku saat dewasa.

"Para pelaku kekerasan seksual ini biasanya dulunya adalah korban yang tidak di-treatment secara psikologis, atau tidak mendapatkan penanganan langsung. Jadi mereka memiliki gangguan ini," kata Zoya Amirin saat dihubungi langsung oleh Indozone melalui sambungan telfon, Selasa (7/1/2020).

Pelecehan seksual
Ilustrasi pelecehan seksual pada anak (Pexels/Michael Morse)

Ada beberapa penyebab korban pelecehan seksual tidak mendapatkan rehabilitasi dengan baik. Salah satunya adalah karena mereka tidak berani melaporkan pelaku pelecehan seksual.

Sebagian korban pelecehan seksual, kata Zoya Amirin, merasa malu dan takut untuk melapor sehingga ketika korban tidak mendapatkan treatment, berpotensi menjadi pelaku.

Pada kasus Reynhard Sinaga, belum dapat dipastikan ia pernah menjadi korban pelecehan seksual saat kecil. Namun menurut Zoya, bisa jadi mahasiswa S3 di Inggris itu mengalami gangguan perilaku seksual Necrophilia.

Necrophilia adalah kelainan seksual di mana seseorang merasa terangsang jika berhubungan seks dengan mayat, orang yang dalam keadaan koma, atau orang-orang yang tidak berdaya.

"Necrophilia classic awalnya hanya pada mayat, tapi berkembang juga pada korban yang sedang koma atau tidak sadar," pungkas Zoya Amirin.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU