BMKG: Waspada, Hujan Deras dan Pasang Air Laut

- Kamis, 9 Januari 2020 | 07:09 WIB
Ilsutrasi hujan (Stock photo by REUTERS)
Ilsutrasi hujan (Stock photo by REUTERS)

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok pada periode 09-12 Januari 2020. Tetapi, tidak sudah mulai berkurang, tidak seperti yang terjadi pada 01 Januari 2020.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar tetap waspada dan berhati-hati. Angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin masih mewarnai di musim hujan ini.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi. Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia masih signifikan, gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia, pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia," Drs. R. Mulyono R. Prabowo M.Sc, Deputi Bidang Meteorologi.

"Selain itu, Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia, berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek," tambahnya.

-
Ilustrasi Banjir (INDOZONE/Arya Mangala)

Hujan dan Pasang Laut

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG menyampaikan prakiraan potensi Hujan Sedang-Lebat di wilayah Jabodetabek sebagai berikut;

09 dan 10 Januari 2020
Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat / petir (thunderstorm) dapat terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor.

Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari. Dan, berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam.

11 dan 12 Januari 2020
Secara umum, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya. Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang.

Pasang naik maksimum di Teluk Jakarta dapat terjadi pada periode tanggal 09-12 Januari 2020 dengan ketinggian maksimum 0.6 meter, kondisi ini berpotensi menghambat laju aliran air sungai masuk ke laut di Teluk Jakarta.


Tetap waspada di musim hujan ini, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X