Pemerintah Malang Sedang Rencanakan Penerapan E-Parking
Ilustrasi - Salah satu sudut lokasi tempat parkir kendaraan bermotor roda dua di kawasan Pasar Besar Kota Malang, Jawa Timur. photo/ANTARA/Vicki Febrianto
News

Pemerintah Malang Sedang Rencanakan Penerapan E-Parking

Sabtu, 11 Januari 2020 21:52 WIB 11 Januari 2020, 21:52 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Kota Malang saat ini sedang merencanakan penerapan parkir menggunakan sistem elektronik (e-parking), hal itu berguna mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, untuk menerapkan parkir menggunakan sistem elektronik tersebut, harus dibentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bernaung di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"E-parking masih kita susun, karena harus ada pengelola dan harus membentuk BLUD, yang bernaung di bawah UPT," kata Sutiaji, usai membuka Bursa dan Pameran Seni Rupa 2020 di Pasar Seni Bareng, Kota Malang, Sabtu (11/1).

Untuk membentuk UPT yang nantinya akan menaungi penerapan parkir menggunakan sistem elektronik tersebut, diperlukan persetujuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, jelas Sutiaji.

Saat ini, Pemerintah Kota Malang tengah menyiapkan berbagai langkah untuk bisa menerapkan skema baru tersebut. Diharapkan, pada 2020, penerapan parkir secara elektronik tersebut sudah bisa terlaksana.

"Target akan kita percepat (untuk penerapan parkir elektronik), tahun ini harus bisa," kata Sutiaji.

Berdasarkan catatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Malang Corruption Watch (MCW), pendapatan yang diterima oleh Pemerintah Kota Malang dari sektor retribusi parkir, terbilang masih rendah dibanding potensi yang ada.

Salah satu kota yang menerapkan sistem parkir elektronik adalah DKI Jakarta. Dengan menerapkan sistem parkir elektronik tersebut, peranan juru parkir tidak ditiadakan, namun diberdayakan untuk membantu masyarakat dan menata lahan parkir.

Dengan sistem tersebut, dinilai bisa mencegah kebocoran retribusi parkir yang selama ini dilakukan dengan sistem manual.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU