Sekelumit Harapan dari Korsel & Tiongkok Saat Serangan Virus Corona

- Sabtu, 14 Maret 2020 | 16:40 WIB
Keadaan pasien corona. (REUTERS/China Daily)
Keadaan pasien corona. (REUTERS/China Daily)

Di saat virus corona semakin merajalela di berbagai wilayah, termasuk juga Korea Selatan dan Tiongkok, ada sebuah kabar yang sedikit menenangkan hati.

Di dua negara itu, pasien penderita corona berangsur-angsur sembuh. Hal ini tentu saja menjadi kabar bahagia, melihat negara Tiongkok dan Korea Selatan yang masuk dalam jajaran empat besar pusat penyebaran virus corona.

Di Tiongkok, sampai hari Jumat (13/2/2020) pukul 19.13 WIB, total pasien yang terpapar virus corona mencapai 80.945. Namun, sebanyak 69.645 orang dinyatakan sembuh. Artinya, lebih dari 70% dari jumlah total pasien corona di Tiongkok yang berhasil sembuh.

-
Orang memakai masker untuk mencegah virus corona. (REUTERS/Gustavo Graf)

Sebelumnya, pada Kamis (12/3/2020), otoritas Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah di Tiongkok melaporkan hanya ada satu kasus baru. Kabar ini menunjukkan bahwa sudah terjadi penurunan yang cukup siginifkan terhadap kasus corona. Padahal, sebelumnya, satu hari kasus virus corona bisa mencapai 24 kasus.

Bahkan, WHO memberi pujian pada Tiongkok yang dinilai mulai bisa mengendalikan virus corona.

"Dari 80 ribu kasus yang dilaporkan di China, lebih dari 70 persen telah sembuh dan dipulangkan (dari rumah sakit)," ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepada wartawan di Jenewa, Swiss pada Selasa (10/3/2020).

Sementara itu, di Korea Selatan, total pasien karena virus corona mencapai 7.979. Dari banyaknya jumlah pasien ini, sebanyak 510 orang dinyatakan sembuh. Hal ini juga diperkuat dari pernyataan otoritas Korea Selatan yang menyatakan bahwa kasus virus corona mengalami penurunan.

-
Pasien corona di rumah sakit. (REUTERS/China Daily)

Jumat (13/3/2020),  Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KCDC) dalam laporan terbaru mengonfirmasi 110 kasus baru sepanjang Kamis (12/3/2020) waktu setempat. Jumlah ini menjadi angka terendah untuk kasus baru yang pernah dilaporkan oleh KCDC.

Tambahan kasus baru itu menambah total kasus virus corona di Korsel mencapai 7.979 kasus. Pihak KCDC mengungkapkan ada 77 pasien virus Corona dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit sepanjang Kamis (12/3/2020) waktu setempat. Kini, total pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona pada Kamis sebanyak 510 pasien.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X