Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Jarak Pendek Pagi Tadi

- Kamis, 25 Juli 2019 | 09:55 WIB
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Pagi tadi (25/7/19), Korea Utara menembakkan dua rudal jarak pendek ke laut di dekat Wonsan. Rudal tersebut diketahui terbang sekitar 430 km (267 mil) dan mencapai ketinggian 50 km (30 mil) sebelum akhirnya jatuh ke Laut Timur.

Rudal tersebut tidak mencapai  zona ekonomi eksklusif Jepang. Rudal yang ditembakkan itu juga tidak berdampak terhadap keamanan nasional Jepang. Sementara itu, militer Korea Selatan menuturkan bahwa penembakan rudal tersebut menjadi uji coba rudal pertama, sejak Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump sepakat untuk melanjutkan pembicaraan denuklirisasi.

Kesepakatan tersebut dibicarakan ketika mereka bertemu di zona demiliterisasi (DMZ) pada akhir Juni ini.

Terkait penembakan rudal ini, Gedung Putih, Pentagon, dan Departemen Luar Negeri AS belum memberikan komentarnya. "Kami mengetahui laporan proyektil jarak pendek yang diluncurkan dari Korea Utara. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut," ujar salah seorang pejabat senior pemerintah Amerika Serikat.

Kini, penembakan rudal balistik justru menimbulkan keraguan terhadap upaya perundingan denuklirisasi yang sempat dibicarakan tersebut.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X