Korban Gempa Ambon Dapat Bantuan Budidaya Ikan Nemo

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 12:40 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo (tengah). (BNPB)
Kepala BNPB Doni Monardo (tengah). (BNPB)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akan memberikan bantuan pemulihan ekonomi melalui budidaya ikan laut hias, khususnya ikan hias Nemo, yang banyak permintaan dari luar negeri pada korban gempa di Ambon, Maluku. Harga 1 ekor ikan kecil Nemo bisa seharga US$10.

BNPB akan memberikan pembinaan dari mulai pembuatan akuarium, pelatihan perawatan ikan dan juga memberikan target pasar untuk penjualan. 

"Diharapkan dengan adanya pembinaan budidaya ikan hias ini, mampu memberikan solusi jangka pendek bagi masyarakat terdampak," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam keteranganya, Selasa (29/10).

Selain budidaya ikan hias, lanjut ia, BNPB akan memberikan bantuan pemulihan ekonomi lainnya berupa pengolahan ikan asap. Alasannya, Maluku merupakan salah satu penghasil ikan Tuna dan Cakalang yang terbesar.

"Ikan tersebut akan diolah menjadi ikan asap agar terjaga kualitasnya. Hasil budidaya ikan laut hias Nemo dan ikan asap akan diekspor ke berbagai negara dan juga beberapa daerah di Indonesia," katanya.

Saat ini, status penanganan bencana gempa Maluku, sudah memasuki masa transisi menuju ke pemulihan. Pemda Kabupaten/Kota terdampak sudah membuat surat keputusan jumlah kerusakan rumah berdasarkan kategori rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat. 

Data antara BPBD dan dinas terkait sama berdasarkan by name by address dari kerusakan rumah. Bantuan stimulan Rp50 juta untuk rusak berat, Rp25 juta rusak sedang, dan Rp10 juta rusak ringan.

Pemerintah telah menyusun rencana aksi perbaikan rumah, fasum dan fasos. Targetnya pada bulan Februari, seluruh proses perbaikan telah selesai

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, gempa gempa dengan magnitudo 6,5 di Ambon dan sekitarnya, pada 26 September 2019  menyebabkan 12.300 lebih rumah rusak. 

Dari seluruh rumah yang rusak, sekitar 2.000 rumah tergolong rusak berat, lebih dari 3.000 rumah rusak sedang, dan lebih dari 6.000 rumah rusak ringan.

 

Artikel Menarik Lainnya:


Korban Gempa Maluku Dapat Hadiah dari Jokowi

Menkopolhukam: Jokowi Sudah Olah Usulan Perppu KPK

328 Km Jalan Trans Papua Barat Belum Rampung

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X