KM Santika Nusantara Terbakar, 58 Penumpang Terjebak

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 14:16 WIB
Kapal Motor (KM) Santika Nusantara yang terbakar. (Humas Basarnas Surabaya)
Kapal Motor (KM) Santika Nusantara yang terbakar. (Humas Basarnas Surabaya)

Kapal Motor (KM) Santika Nusantara yang membawa 111 penumpang terbakar di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

"111 penumpang itu terdiri dari 100 orang dewasa, enam anak-anak dan lima bayi," kata SAR Mission Coordinator (SMC) Prasetya Budiarto, di Surabaya, Jumat (23/8/2019).

Kapal yang berlayar dari Surabaya dengan tujuan Banjarmasin tersebut terbakar sekitar pukul 20.45 WIB pada Kamis (22/8/2019).

Ia menjelaskan sebanyak 53 penumpang telah dievakuasi oleh dua kapal yang ada di dekat lokasi, yaitu KMV Bintang Samudera 1 dan KM Dharma Fery 7. Namun sebanyak 58 penumpang masih menunggu proses evakuasi.

"58 penumpang masih di atas kapal yang terbakar," katanya.

Saat ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) telah mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Laksamana milik Kantor SAR Banjarmasin dan KN Cundamani, milik Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Surabaya untuk mengevakuasi 58 penumpang yang masih berada di atas KM Santika Nusantara.

"KN SAR Laksamana dan KN Cundamani berlayar menuju lokasi kejadian untuk proses evakuasi," katanya.

Ia menambahkan, saat ini kantor SAR Surabaya dan kantor pelayanan Vessel Traffic Service (VTS) Surabaya masih terus berkomunikasi dengan kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk bantuan evakuasi.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X