Arsitektur Candi Borobudur Buat Kagum Raja Malaysia

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 11:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kiri) saat berfoto bersama Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatauddin Al Mustafa Billah Shah di Candi Borobudur. (Antara/Heru Suyitno).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kiri) saat berfoto bersama Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatauddin Al Mustafa Billah Shah di Candi Borobudur. (Antara/Heru Suyitno).

Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatauddin Al Mustafa Billah Shah mengagumi arsitektur Candi Borobudur saat mengunjungi Candi Buddha tersebut di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah., pada Rabu (28/8).

Ia datang bersama permaisuri dan ketiga putrinya. Kedatangan Raja Malaysia beserta keluarga disambut hangat oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan istri.

Ganjar mengatakan kunjungan Raja Malaysia ke Candi Borobudur betul-betul dalam konteks pariwisata. Raja Malaysia baru pertama kali datang ke Candi Borobudur, sedangkan permaisuri sudah pernah berkunjung beberapa tahun lalu.

"Tanggapan raja terhadap Candi Borobudur luar biasa, beliau mengagumi arsitekturnya," kata Ganjar.

Raja Malaysia menyinggung apakah ke depan ada tindak lanjut kerja sama, Ganjar menyampaikan untuk sementara ini belum ada tetapi dari Kementerian Pariwisata sudah bicara karena kemarin sudah bertemu Presiden Joko Widodo.

-
borobudurpark

 

Sementara, Pemandu dari Balai Konservasi Borobudur Panggah Ardiansyah, yang turut mendampingi menjelaskan sejarah Candi Borobudur kepada Raja Malaysia. Menurutnya hal yang paling disuka raja ketika naik ke atas candi, yakni pemandangan dari atas yang sangat bagus.

"Beliau menyaksikan Bukit Menoreh, beliau suka berfoto di stupa atas, jadi beberapa kali untuk berfoto baik sendiri maupun dengan permaisuri dan putri-putrinya," kata Ardiansyah.

Ia menuturkan Raja Malaysia sangat kagum dengan Candi Borobudur, karena sudah dibangun ratusan tahun lalu tanpa bantuan alat-alat modern dan bisa dibangun sebesar ini sebagai candi terbesar di dunia.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X