7 Olahraga Kardio dan Manfaatnya

- Senin, 17 Juni 2019 | 12:56 WIB
Ist
Ist

Olahraga kardio sangat efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui seberapa banyak kalori yang terbakar saat melakukan jenis olahraga ini.

Untuk memudahkan kamu memilih jenis olahraga kardio yang tepat, berikut ini tujuh alternatif latihan kardio dan manfaatnya:

1. Step Up

-
dreamers

Latihan ini memerlukan kursi atau bangku. Pertama, tempatkan kaki kanan di bangku. Kemudian, dorong tubuh ke atas menggunakan otot pantat sampai kaki kiri terangkat dari tanah. Terus lakukan latihan ini selama 30 sampai 60 detik. Latihan step up dapat membakar hingga 700 kalori untuk satu siklus.

2. High Knees

-
Ist

Seperti namanya, latihan ini hanya perlu mengangkat paha hingga setinggi perut. Kemudian secara bersamaan, tangan menepuk paha. Lakukan pergantian kaki dalam waktu cepat. Usahakan tidak membiarkan kaki terlalu lama di lantai.

3. Burpee

-
Burpee

Gerakan latihan ini sangat sederhana. Pertama, berdiri dengan jarak kaki sejauh pinggul. Kemudian, kedua tangan ditempel pada lantai, lalu kaki dilempar ke belakang. Setelah itu, tarik lagi kaki ke depan dan melompat sembari mengangkat tangan tinggi-tinggi.

4. Fast Feet Shuffle

-
Kurio

Cara melakukannya, buka kaki lebih lebar dari pinggul, tekuk lutut sedikit, dan dorong pinggul ke belakang. Lalu, seret kaki ke arah kanan sebanyak 4 langkah, dan seret kembali ke arah sebaliknya. Usahakan tubuh tetap pada posisi rendah dan gerakkan kaki secepat mungkin.

5. Runner Skip

-
puhimec

Posisikan tubuh seperti ingin berlari. Kaki kiri memanjang ke belakang, sedangkan kaki kanan ditekuk di depan dengan dada dan dagu terangkat. Posisikan jemari tangan menyentuh lantai untuk menjaga keseimbangan. Angkat kaki kiri ke depan dan bertumpu dengan kaki kanan dan lakukan lompatan secara perlahan. Ulangi latihan ini selama 30 detik, kemudian ganti posisi kaki dan lakukan seperti gerakan sebelumnya.

6. Inchworm

-
dangrytsku

Pertama, berdiri dengan membuka kaki selebar pinggul. Kemudian, bungkukkan tubuh dari pinggang. Buatlah posisi merangkak dengan tangan berjalan ke depan. Posisi kaki tetap lurus. Saat tiba di posisi plank tinggi, berjalan merangkak dan kemudian berdiri. Lakukan terus selama 30 sampai 60 detik.

7. Circle Hop Squat

-
g-stockstudio

Lakukan latihan ini dengan berdiri seperti posisi kuda-kuda. Busungkan dada, dan turunkan posisi tubuh atas menjadi jongkok dan sentuh permukaan tanah dengan tangan terentang. Tekan tubuh ke bawah untuk bersiap melompat ke atas. Secara bersamaan, kedua tangan diayunkan ke atas tubuh, kanan ke kiri. Kemudian melompat dan mengganti posisi ayunan tangan. Lakukan latihan ini secara bergantian sebanyak dua hingga tiga set.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X