Waspada, Kenali Gejala Kanker Rahim dari Sekarang
Shutterstock

Waspada, Kenali Gejala Kanker Rahim dari Sekarang

indozone
Rizka Jumat, 14 Juni 2019 17:20 WIB 14 Juni 2019, 17:20 WIB

Kanker rahim adalah pertumbuhan tidak normal dari setiap sel yang membentuk jaringan rahim. Kanker ini berkembang dalam lapisan rahim yang terletak di antara kandung kemih dan rektum, termasuk leher rahim dan badan rahim.

Penumpukan sel kanker dapat mengarah menjadi tumor ganas. Sedangkan, sel-sel non kanker membentuk massa disebut tumor jinak. Saat ini, jumlah kasus kanker rahim meningkat. Umumnya, kanker rahim terjadi pada wanita setelah menopause.

Pixabay
Pixabay

Penyebab pasti kanker rahim masih belum diketahui. Namun, gejala dan tanda-tandanya dapat diketahui sebagai berikut:

1. Tanda-tanda Kanker Rahim
Umumnya, gejala awal kanker ini dapat berupa pendarahan, terutama setelah berhubungan seksual atau pasca menopause, nyeri perut yang luar biasa, cairan atau darah keluar dari vagina, dan rahim membesar hingga teraba pada panggul.

2. Gejala-gejala Kanker Rahim
Untuk gejala yang ditimbulkan biasanya terjadi pendarahan vagina abnormal atau berkepanjangan, rasa sakit saat buang air kecil atau ketika berhubungan intim, nyeri di bagian panggul dan perut, serta mengalami keputihan yang lama.

Shutterstock
Shutterstock

Untuk pengobatan kanker rahim tergantung pada stadium kanker, usia penderita, dan kesehatan umum. Namun, untuk penanganan kanker ini bisa melalui terapi bedah, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon. 

Biasanya, kanker rahim dialami oleh wanita yang mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahun, belum pernah memiliki anak, pengidap diabetes dan hipertensi, berat badan berlebih. Kemudian, terjadi pada wanita pengidap sindrom ovarium polikistik, mengonsumsi tamoxifen, pernah menjalani terapi radiasi panggul, sindrom Lynch, dan karena faktor genetik.

    Indozone Media

    Rizka

    Editor