Cegah Banjir, Pemprov DKI Siapkan 54 Mesin Pengeruk Sungai dan Waduk

- Selasa, 22 September 2020 | 16:40 WIB
Petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta menggunakan alat berat membersihkan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta, Selasa (22/9/2020). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
Petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta menggunakan alat berat membersihkan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta, Selasa (22/9/2020). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan sebanyak 54 ekskavator atau mesin pengeruk. Hal itu guna mengantisipasi terjadinya banjir.

"Jadi kami sudah menyiapkan dan 54 ekskavator, dan sebagainya yang melakukan pengerukan," ucap Riza di Balai Kota, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Riza menjelaskan bahwa puluhan ekskavator yang telah disediakan oleh Pemprov DKI tersebut nantinya akan dipakai untuk mengeruk sungai dan waduk.

"Mudah-mudahan bisa mengurangi, dan itu juga membuat terobosan-terobosan, membuat sodetan sodetan, mengatur pintu air dan lain-lain," terangnya.

Sekadar diketahui, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyebutkan sebanyak 1.570 meter kubik sampah menumpuk di Pintu Air Kali Ciliwung Manggarai hingga pada pukul 10.00 WIB akibat hujan deras.

Pengangkutan sampah di Pintu Air Manggarai tersebut dilakukan dengan menurunkan 200 orang petugas, dan menggunakan 52 unit alat. Proses pengangkatan sampah dikerjakan gabungan dinas LH dan SDA.

Sementara itu, Riza mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar Sungai Ciliwung untuk mempersiapkan diri akan kemungkinan terjadinya potensi banjir yang menimpa Jakarta.

"Kami minta masyarakat untuk bersiap ada 82 kelurahan yang dilalui sungai Ciliwung yang dimungkinkan nanti terjadi genangan di sekitar sungai Ciliwung," ucap Riza.
 

Artikel Menarik Lainnya;

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X