Pasca Kerumunan Jokowi di Maumere, DPR Harap Pejabat Hindari Kegiatan yang Picu Kerumunan

- Kamis, 25 Februari 2021 | 17:17 WIB
Presiden Jokowi disambut kerumuman massa. (Instagram/@jayalah.negeriku).
Presiden Jokowi disambut kerumuman massa. (Instagram/@jayalah.negeriku).

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani menekankan agar pejabat, tokoh masyarakat hingga berbagai kalangan harus mampu menjadi contoh masyarakat dalam menaati protokol kesehatan.

Hal tersebut dikatakannya usai adanya kerumunan masyarakat dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Maumere, Nusa Tenggara Timur

“Kita harus menghimpun segenap daya, upaya dan energi guna menghadapi Covid-19.  Pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, influencer dari berbagai kalangan harus menjadi penggerak di masyarakat dalam melawan pandemi,” ujar Netty kepada wartawan, Rabu (25/2/2021).

Menurutnya, rakyat harus digerakan keteladanan mengenai protokol kesehatan. Jika pejabat belum memberikan contoh yang baik, maka jangan salah rakyat bila belum menerapkan.

“Rakyat harus dihimpun dan digerakkan dengan leadership dan keteladanan. Jika pejabat pemerintah  tidak menunjukkan keteladanan, maka jangan salahkan rakyat jika tidak taat prokes dan bersikap masa bodoh,” tuturnya.

Politisi PKS ini menuturkan seharusnya pejabat pemerintah harus memastikan langkah antisipasi di dalam melakukan sebuah kegiatan dan tidak menimbulkan kerumunan.

“Jika kegiatannya membagi-bagi atau melempar barang, tentu saja rakyat yang memang sedang kesulitan ekonomi akan berebut mendapatkannya,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Ciptakan Kerumunan di NTT, Sama Seperti Rizieq Shihab saat Pulang dari Arab

“Sebaiknya dipikirkan bentuk kegiatan lain  yang lebih humanis, kreatif dan mendidik, sehingga prokes terjaga, rakyat pun aman,” tambah Netty.

Sebelumnya diwartakan, video kerumunan masyarakat saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam video yang beredar di media sosial instagram ini, sejumlah warga nampak berkerumun di pinggir jalan sambil menunggu kedatangan Kepala Negara di NTT.

Kemudian, tampak Jokowi yang mengenakan kemeja putih bermasker tersebut melambaikan tangan dari atas mobil kepada masyarakat. Sontak masyarakat pun semakin antusias dan beberapa diantaranya berteriak.

Lalu, terlihat juga Jokowi sempat masuk ke dalam mobil dan membagikan souvenir kepada masyarakat Maumere yang sudah menunggunya. 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X