Ekonomi Indonesia Lewati Titik Terendah, Jokowi: Kita Tak Boleh Lengah, Harus Disiplin

- Kamis, 3 Desember 2020 | 16:48 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Photo/Dok. Kemensetneg)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Photo/Dok. Kemensetneg)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah melewati titik terendahnya pada kuartal II-2020 dan kini melaju di fase pemulihan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 di Jakarta, Kamis (3/12/2020) yang dilaksanakan secara virtual.

Jokowi juga menjelaskan beberapa indikator makro-ekonomi domestik yang menggambarkan menggeliatnya ekonomi, seperti peningkatan laju impor bahan baku dan barang modal untuk mendukung kinerja industri pengolahan.

“Pada kuartal II-2020 ekonomi kita terkontraksi minus 5,32 persen dan triwulan III-2020 perekonomian kita terkontraksi minus 3,49 persen. Artinya sudah lewati titik terendahnya, titik balik menuju membaik, tren positif membaik,” kata Presiden Jokowi, dilansir dari Antara, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Meski Masih Pandemi, Sri Mulyani Ajak Masyarakat Tetap Produktif dan Inovatif

"Dari sisi pasar modal dan keuangan, kinerja IHSG dan nilai tukar rupiah menunjukkan peningkatan hingga mencapai level masing-masing IHSG di 5.522 dan kurs rupiah ke dolar AS Rp14.050 per 17 November 2020. Perbaikan kinerja IHSG terdorong oleh peningkatan indeks saham sektoral . Sektor industri dasar mengalami pemulihan indeks saham terbesar sejak penurunan tajam di 24 Maret 2020 yg lalu,” sambungnya.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi juga berharap kondisi saat ini bisa terus dijaga untuk terus membaik. Meski begitu, ia meminta seluruh elemen masyarakat agar menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Ia juga menekankan bahwa kesehatan adalah hal yang harus diutamakan.

“Kita harus tetap hati-hati, tidak boleh lengah, dan kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, waspada agar jangan sampai terjadi gelombang yang kedua, yang akan sangat merugikan upaya dan pengorbanan yang telah kita lakukan,” ujar Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X