Dilantik Hari Ini, Berikut Profile Singkat 6 Menteri Baru Jokowi

- Rabu, 23 Desember 2020 | 09:17 WIB
Kabinet Menteri Indonesia Maju. (Wikipedia)
Kabinet Menteri Indonesia Maju. (Wikipedia)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan perombakan atau reshuffle jajarannya di dalam Kabinet Indonesia Maju bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Ia pun telah mengumumkan sejumlah nama yang akan menempati beberapa kursi menteri, yakni Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Agama, serta Menteri Perdagangan.

Berikut adalah profile singkat enam menteri baru yang dipilih oleh Jokowi untuk menjadi pembantunya di pemerintahan seperti yang telah dirangkum oleh Indozone sebagai berikut:

1. Tri Rismaharini

-
Mensos baru Tri Rismaharini. (Instagram/@tri.rismaharini)

Tri Rismaharini atau biasa disapa Risma dipilih oleh Jokowi menjabat sebagai Menteri Sosial untuk menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos).

Sebelum dipilih menjadi Mensos, wanita yang lahir di Kediri, 20 November 1961 ini merupakan Walikota Surabaya. Ia pun menduduki jabatan tersebut selama dua periode.

Ia terpilih sebagai Walikota Surabaya periode pertama pada 2010-2015, dan periode kedua 2015-2020. Risma juga didapuk sebagai wanita pertama yang terpilih sebagai Walikota Surabaya.

2. Sandiaga Uno

-
Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Sandiaga Uno dipercaya oleh Jokowi menduduki kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan menggeser posisi Wishnutama. Sebelumnya, ia merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menemani Anies Baswedan.

Namun tak lama menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta, pria berusia 51 tahun ini memutuskan untuk menjadi pasangan Prabowo Subianto, maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2019, dan bersaing dengan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Politisi Partai Gerindra ini pernah tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes tahun 2009. Kemudian, pada 2011, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia, dan ia menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta.

3. Wahyu Sakti Trenggono

-
Wahyu Sakti Trenggono melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2020). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Wahyu Sakti Trenggono kini resmi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Ia sebelumnya menduduki posisi Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan).

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 3 November 1962 sempat menjajaki karir politiknya dengan menjadi bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) dari 2009 sampai sekitar tahun 2013.

Ia menjadi bendahara tim pemenangan Joko Widodo semenjak berkiprah di Solo, sebelum akhirnya maju ke Jakarta dan tingkat nasional sebagai presiden dua periode.

4. Muhammad Luthfi

-
Muhammad Lutfi ditunjuk Presiden Jokowi jadi Menteri Perdagangan. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden) News

Pria kelahiran 16 Agustus 1969 adalah seorang pengusaha yang sejak September 2020 ditugaskan menjadi duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Muhammad Luthfi menjabat sebagai Menteri Perdagangan antara 14 Februari dan 20 Oktober 2014. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) lalu kemudian ditugaskan menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X