Kecelakaan Helikopter Kobe Bryant dan Putrinya Ternyata Disebabkan karena Hal Ini...

- Rabu, 10 Februari 2021 | 22:49 WIB
Kobe dan putrinya. (Photo/The Sun)
Kobe dan putrinya. (Photo/The Sun)

Pengambilan keputusan yang buruk seorang pilot dan pelanggaran aturan penerbangan mungkin menyebabkan kecelakaan helikopter yang menewaskan legenda NBA Kobe Bryant bersama putrinya dan tujuh orang lainnya.

Sebuah laporan yang memberatkan oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional yang dirilis pada hari Selasa (9/2/2021) mengatakan pilot menjadi bingung dan tidak mengikuti aturan untuk terbang dalam cuaca mendung.

Dilansir dari Mirror, Rabu (10/2/2021), kecelakaan itu menewaskan tujuh orang lainnya yang berada di dalam pesawat termasuk pilot Ara Zobayan. Kantor koroner Los Angeles County mengatakan bahwa kesembilan korban kecelakaan itu kehilangan nyawa dengan kematian yang dinyatakan sebagai ‘kecelakaan’.

Pada hari Selasa (9/2/2021), sebuah laporan kecelakaan itu mencatat "keputusan buruk Zobayan untuk terbang melebihi kecepatan udara." Dikatakan kondisi cuaca tidak konsisten dengan pelatihan cuaca buruk dan mengakibatkan "disorientasi spasial dan hilangnya kendali" pilot.

Zobayan mengatakan kepada pengawas lalu lintas udara bahwa helikopternya sedang naik dari awan tebal padahal sebenarnya helikopter itu turun, sebelum menabrak lereng bukit dekat kota Calabasas di California. NTSB ( National Transportation Safety Board/ Dewan Keselamatan Transportasi Nasional) juga mengutip perusahaan yang mengoperasikan helikopter yang hancur itu, Island Express Helicopters, karena 'peninjauan dan pengawasan yang tidak memadai terhadap proses manajemen keselamatannya.'

Baca juga: Gadis Belia Dicekoki Miras Oplosan Hingga Mabuk, Setelah Itu Diperkosa Bergilir 4 Pemuda

"Sayangnya, kami terus melihat masalah yang sama ini mempengaruhi pengambilan keputusan yang buruk di antara pilot yang berpengalaman dalam kecelakaan penerbangan. Jika pilot ini tidak menyerah pada tekanan yang dia berikan pada dirinya sendiri untuk melanjutkan penerbangan ke cuaca buruk, kemungkinan kecelakaan ini tidak akan terjadi," kata Ketua NTSB Robert Sumwalt mengatakan Zobayan seharusnya tidak terbang ke awan.

NTSB juga mendesak Federal Aviation Administration [FAA] untuk meminta pelatihan simulator untuk menangani 'prosedur yang diperlukan untuk mengenali dan menanggapi perubahan kondisi cuaca' dan untuk mengadakan panel untuk mengatasi disorientasi pilot. Mereka juga meminta FAA untuk meminta perekam data penerbangan di semua helikopter sewaan.

FAA mengatakan pihaknya 'menanggapi rekomendasi NTSB dengan sangat serius' dan mengatakan sedang meninjau kelayakan yang mengharuskan semua perusahaan charter untuk memasang perekam semacam itu di pesawat mereka.

Kobe, 18 kali National Basketball Association all-star bersama Los Angeles Lakers, dan putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna, juga tewas dalam kecelakaan itu.

Di antara penumpang yang tewas dalam kecelakaan tragis itu adalah pelatih bisbol Orange Coast College John Altobelli, 56, istrinya Keri, putri mereka Alyssa, dan asisten pelatih Sekolah Hari Pelabuhan Christina Mauser. Pemain muda lainnya, Payton Chester, juga tewas bersama ibunya Sarah Chester.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X