The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

14 Tahun Gempa Jogja Trending di Twitter, Begini Dahsyatnya Guncangan Saat Itu
14 tahun gempa Jogja trending topic (Twitter)
News

14 Tahun Gempa Jogja Trending di Twitter, Begini Dahsyatnya Guncangan Saat Itu

Gedung perkantoran roboh hingga listrik mati.

Rabu, 27 Mei 2020 10:07 WIB 27 Mei 2020, 10:07 WIB

INDOZONE.ID - Gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Jogjakarta (Jogja) pada Sabtu 27 Mei 2006 silam. Ya, 14 tahun sudah gempa tersebut mengguncang Jogja dan kini peristiwa itu menjadi trending topic di Twitter.

Gempa Jogja pada 27 Mei 2006 terjadi sekitar pukul 05.55 WUB dengan durasi selama 57 detik telah memporak-porandakan Kota Gudeg dan mengakibatkan ribuan orang menjadi korban.

Dilansir dari berbagai sumber, secara umum posisi gempa berada sekitar 25 km selatan-barat daya Jogja, 115 km selatan Semarang, 145 km selatan-tenggara Pekalongan dan 440 km timur-tenggara Jakarta. 

Walaupun hiposenter gempa berada di laut, tetapi tidak mengakibatkan tsunami. Gempa juga dapat dirasakan hingga Solo, Semarang, Purworejo, Kebumen dan Banyumas. Getaran juga sempat dirasakan sejumlah kota di provinsi Jawa Timur seperti Ngawi, Madiun, Kediri, Trenggalek, Magetan, Pacitan, Blitar dan Surabaya.

Dalam peristiwa tersebut juga terjadi beberapa kali gempa susulan yakni pada pukul 06.10 WIB, 08.15 WIB dan 11.22 WIB. Beberapa gedung dilaporkan rusak hingga roboh dan merusak jaringan listrik dan komunikasi.

Gempa juga membuat Bandara Adi Sutjipto ditutup karena kerusakan bangunan, gangguan komunikasi dan keretakan pada landas pacu, sehingga untuk sementara transportasi udara saat itu dialihkan ke Bandara Achmad Yani Semarang dan Bandara Adisumarmo Solo.

Situs-situs bersejarah di Jogja pun mengalami kerusakan akibat gempa, seperti Candi Prambanan, Makam Imogiri, bangsal Trajumas di Kraton Jogja ambruk, Candi Borobudur dan Objek Wisata Kasongan.

Netizen pun mengenang peristiwa Gempa Jogja yang kini menjadi trending topic di Twitter. Banyak, netizen yang merasakan betapa dahsyatnya gempa Jogja tahun 2006.

"Hari ini 14 tahun yang lalu ...
Saya masih duduk dikelas 4 SD, seperti biasa sebagai siswa SD yang jarak dari rumah ke sekolah sekitar 14km, saya harus menjalani rutinitas bangun pagi dan bersiap untuk bersekolah. Biasanya ... #14TahunGempaJogja," tulis akun Twitter @riandoed.

"Tepat Hari ini 27 Mei 2020 14 tahun yang lalu Jogja diguncang Gempa pukul 05.55 WIB berkekuatan 5,9 skala richter. Mengenang Bukan Meratapi Jogja Bakoh Raised fist 
#14TahunGempaJogja," timpal akun Twitter @aryyadhikap16.

"Pas rampung adus nganggo sragam, kompor melu mbledus, botol bensin podo glimpangan pecag, tembok ruang tengah dadal, mlayu ketiban genteng, ndelok ringroad koyo banyu, tiang² lampu pontang panting koyo wong dipecuti #14tahunGempaJogja
#JogjaBangkit #27mei2006," tutur akun Twitter @reno_haritsun.

"Jaman kui aku isih sd kelas 2. Mbengi sakdurunge kejadian aku raiso turu:(
Wayah isuk ndilalah aku tangi turu dewe biasane di gugah mamak. Trus ning kakus arep sikatan lha kok ono suoro seko nduwur. Tak kiro kewan lowo jebul lindhu banter banget:((
#14TahunGempaJogja," cuit akun Twitter @gyutami.

"#14TahunGempaJogja
Dulu masih TK dan ibukku hamil 8bln inget banget gimana paniknya ayah ibu dan aku kebingungan gak tau apa" dan ketambahan kalo ada isu tsunami dari pantai selatan ya Allah kekawatiran semakin menjadi" kala itu Loudly crying face dan akhirnya ayahku membawa kita pergi jauh," kenang akun Twitter @Ranymitaa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US