Berlian Cullinan yang Dipakai Kerajaan Inggris Ternyata Berasal dari Bagian Terdalam Bumi

- Sabtu, 27 Juni 2020 | 17:07 WIB
Ratu Elizabeth II. (News24)
Ratu Elizabeth II. (News24)

Berlian Cullinan Diamond di mahkota kerajaan Inggris ternyata berasal dari bagian terdalam Bumi. Berlian tersebut termasuk berlian yang sangat langka dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Berlian ini merupakan salah satu berlian yang berada di mantel Bumi.

Permata ini ditemukan di mantel Bumi yang lokasinya lebih dalam dari kebanyakan asal Berlian. Batu langka ini didapatkan setelah terdorong keluar karena letusan gunung merapi.

Berlian yang disematkan di mahkota Kerajaan Inggris tersebut ditemukan di Afrika pada tahun 1905. Makna dari berlian tersebut yaitu untuk memulihkan hubungan kedua negara usai terjadinya perang Boer (Second Boer War).

Sementara itu, berlian kedua dari mantel Bumi adalah berlian Hope Hang yang ditemukan di India dan kemudian disimpan di Smithsonian, AS.

"Kami percaya bahwa berlian Hope yang memiliki warna biru itu berasal dari dasar lautan. Lempeng tektonik kemudian menyeretnya ratusan kilometer ke bawah mantel," ujar Peneliti Wuyi Wang.

Penemuan tersebut membuktikan bahwa ada proses yang sangat panjang sebelum berlian tersebut akhirnya sampai di permukaan Bumi. Artinya, berlian tersebut pada awalnya terbentuk di mantel Bumi, lapisan tengah antara kerak dan inti Bumi.

Untuk berlian Cullinan, proses pembentukannya berada di kedalaman yang lebih jauh lagi. Berdasarkan hasil identifikasi tim peneliti, sisa-sisa mineral di Cullinan biasanya berwarna biru bercampur putih. Beratnya sekitar 3.107 karat.

Untuk bisa sampai ke kerajaan Inggris, berlian tersebut dikawal ketat oleh pihak kepolisian Inggris. Permata seberat 530 karat tersebut diberikan saat perayaan ulang tahun Raja Edward VII yang ke-66 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X