Pemberangkatan Ibadah Haji 2020 Batal, Menag: Arab Saudi Tak Kunjung Buka Akses

- Selasa, 2 Juni 2020 | 10:46 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi. (ANTARA/Nova Wahyudi)
Menteri Agama Fachrul Razi. (ANTARA/Nova Wahyudi)

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan bahwa pihak Arab Saudi hingga kini belum membuka akses untuk menyelenggarakan ibadah haji bagi negara manapun.

“Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jamaah haji dari negara manapun,” ucap Fachrul Razi dalam video conference, Selasa (2/6/2020).

Akibatnya, pemerintah tidak memungkinkan lagi untuk memiliki cukup waktu dalam melakukan persiapan utamanya pada pelayanan, serta perlindungan jamaah.

Oleh sebab itu, pemerintah memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan ibadah haji. Hal tersebut pun telah tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 494 tahun 2020 tentang pembatalan pemberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 Hijriah atau 2020.

“Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan ibadah haji pada tahun 2020,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, ibadah umroh dalam beberapa waktu ini terhenti kegiatannya lantaran Arab Saudi maupun Indonesia tengah mengalami wabah pandemi virus corona atau Covid-19. Begitu pula dengan ibadah haji yang belum mendapat kepastian dari Arab Saudi.

Sebelumnya, pemerintah ingin ibadah haji kembali diperbolehkan pada April 2020, namun pihak kerajaan Arab Saudi belum memberikan kabar. Sehingga, Kemenag pun kembali mengundurnya hingga 20 Mei 2020.

Kemudian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundur hal tersebut hingga batas waktu 1 Juni 2020. Keputusan itu dibuat setelah berkomunikasi dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X