Kereta Api di Garut Mulai Beroperasi di Tahun 2021

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 16:07 WIB
Antusias warga menyambut reaktivasi kereta api di Garut pada Februari lalu. (photo/Antara/Adeng Bustomi)
Antusias warga menyambut reaktivasi kereta api di Garut pada Februari lalu. (photo/Antara/Adeng Bustomi)

Wakil Kepala Daop 2 Bandung, Soegito menyampaikan PT Kereta Api Indonesia (PTKAI) merencanakan reaktivasi kereta api Stasiun Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat dapat beroperasi secara komersial untuk melayani masyarakat pada awal 2021. 

Hal ini disampaikan saat acara monitoring dan evaluasi reaktivitas dan revitalisasi Stasiun Kereta Api di Markas Kodim 0611 Garut pada Selasa (13/10/2020). 

"Awalnya bisa diaktifkan pada 2020, akhirnya mundur dikarenakan Covid-19. Awal tahun 2021 insya Allah pelayanan reaktivasi bisa selesai," kata Soegito.

Ia menyampaikan, tahap awal kereta api komersial yang akan dioperasikan adalah kelas ekonomi jurusan Stasiun Garut-Purwakarta. Kemudian akan direncanakan kereta api jurusan Stasiun Garut-Pasar Senen, Jakarta.

Soegito berharap, jalur kereta api di Garut itu secepatnya bisa beroperasi agar masyarakat Garut semakin mudah untuk pergi ke luar kota maupun sebaliknya, dan juga menumbuhkan perekonomian Garut.

"Kami berharap adanya reaktivasi bisa berkontribusi untuk mendukung angkutan barang karena potensi usahanya luar biasa, potensi pariwisatanya juga luar biasa," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman menambahkan, reaktivasi kereta api Stasiun Garut-Cibatu akan memberikan dampak positif untuk pembangunan Garut, sehingga harus mendapat dukungan dari semua pihak agar program tersebut berjalan sesuai harapan bersama.

Menurut dia, kebutuhan transportasi massal setiap tahunnya terus meningkat, termasuk kereta api masih banyak peminatnya untuk bepergian ke berbagai kota.

"Kalau dilihat data yang kami terima di Garut cukup banyak artinya tahun ke tahun tidak menurun meski pun stasiunnya di Cibatu (wilayah utara Garut)," katanya.

Artikel Menarik Lainnya : 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X