The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Joe Biden Larang Orang dari Afrika Selatan Masuk AS, Ini Alasannya
Presiden AS, Joe Biden. (photo/REUTERS/Kevin Lamarque)
News

Joe Biden Larang Orang dari Afrika Selatan Masuk AS, Ini Alasannya

Selasa, 26 Januari 2021 20:53 WIB 26 Januari 2021, 20:53 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Amerika Serikat Joe Biden melarang warga negara Afrika Selatan untuk masuk ke wilayah AS. Keputusan ini dilakukan Biden guna menekan laju penyebaran varian baru Covid-19. Hal ini disampaikan oleh pejabat kesehatan senior AS. 

Tak hanya itu, Biden juga menerapkan kembali larangan masuk pada hampir semua wisatawan non-AS yang pernah berkunjung ke Brasil, Inggris Raya, Irlandia, dan 26 negara di Eropa yang mengizinkan perjalanan melintasi perbatasan terbuka.

“Kami menambahkan Afrika Selatan ke daftar terbatas karena varian yang mengkhawatirkan yang telah menyebar ke luar Afrika Selatan,” kata Dr. Anne Schuchat, wakil direktur utama CDC, dalam sebuah wawancara pada Minggu (24/1/2021), demikian dilaporkan Reuters.

Lebih lanjut katanya, badan itu "menerapkan serangkaian tindakan ini untuk melindungi orang Amerika dan juga untuk mengurangi risiko penyebaran varian ini dan memperburuk pandemi saat ini." 

Sebelumnya pada 18 Januari, Presiden Donald Trump memerintahkan pembatasan pada Brasil dan Eropa dicabut pada Selasa, 19 Januari 2021.

Namun, Joe Biden yang baru saja dilantik pada Rabu, 20 Januari 2021 membatalkan keputusan Trump. Biden sendiri ingin melakukan pendekatan agresif untuk memerangi penyebaran virus setelah Trump menolak mandat yang diminta oleh badan kesehatan AS. 

Sementara itu, sejumlah pejabat kesehatan prihatin bahwa vaksin saat ini mungkin tidak efektif melawan varian Afrika Selatan, yang juga meningkatkan kemungkinan infeksi ulang. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US