Terima Pengungsi Rohingnya, Amerika Serikat Ucapkan Apresiasi ke Indonesia

- Jumat, 10 Juli 2020 | 18:25 WIB
Warga melakukan evakuasi paksa pengungsi etnis Rohingya dari kapal di pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Kamis (25/6/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)
Warga melakukan evakuasi paksa pengungsi etnis Rohingya dari kapal di pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Kamis (25/6/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)

Amerika Serikat (AS) mengapresiasi pemerintah Indonesia dan otoritas setempat di Aceh terkait respons mereka terkait kedatangan 99 pengungsi Rohingnya pada 24 Juni 2020.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam keterangan tertulis Kedubes AS di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

“Kami menghargai tindakan kemanusiaan Indonesia sehubungan dengan populasi rentan ini dan karena telah berperan sebagai pemimpin di dalam ASEAN terkait isu yang mendesak ini,” katanya.

Pihaknya menilai bahwa respons Indonesia terhadap pengungsi Rohingnya menjadi contoh kuat bagi negara-negara di kawasan dan seluruh komunitas Internasional. Selain itu, AS juga mengakui bahwa koordinasi erat antara Indonesia dengan Badan PBB terkait urusan pengungsi.

“Pada saat yang bersamaan, kami sangat terusik akan laporan bahwa militer Myanmar telah melakukan tindakan ofensif di Kota Rathedaung, negara bagian Rakhine, yang tampaknya telah mengakibatkan ribuan orang terlantar, termasuk etnis Rakhine dan Rohingya,” kata Ortagus.

Selain itu, AS juga menyatakan keprihatinan mendalam terkait peningkatan aksi kekerasan antara militer Myanmar dan Tentara Arakan serta dampaknya terhadap masyarakat setempat.

“Kami menegaskan seruan kami sebelumnya tentang penghentian pertempuran, dialog damai, dan upaya baru untuk melindungi komunitas setempat, serta akses untuk organisasi kemanusiaan,” kata Ortagus.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X