The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keterpakaian Ruang Isolasi dan ICU di RS Rujukan Covid-19 Sudah di Bawah 60%
Ilustrasi perawatan pasien virus corona (Covid-19) di rumah sakit.(ANTARA/M Risyal Hidayat)
News

Keterpakaian Ruang Isolasi dan ICU di RS Rujukan Covid-19 Sudah di Bawah 60%

Menurun.

Rabu, 21 Oktober 2020 19:06 WIB 21 Oktober 2020, 19:06 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 di Tanah Air masih belum berakhir. Meski demikian, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menyatakan angka keterpakaian ruang isolasi dan ruang ICU rumah sakit rujukan Covid-19 sudah di bawah 60% dari total kapasitas.

"Penurunan ruang isolasi dan keterpakaian ICU di rumah sakit, rata-rata sudah di bawah 60%. Jadi kekhawatiran terjadinya penumpukan pasien di rumah sakit tidak lagi terjadi seperti sebelumnya karena sudah diantisipasi," kata Oscar dalam konferensi pers secara virtual dipantau di Jakarta, melansir Antara, Rabu (21/10/2020).

Angka keterpakaian tersebut menurun karena penanganan pasien Covid-19 dengan gejala ringan sudah diisolasi di asrama dan hotel, sehingga tidak seluruhnya yang terkonfirmasi positif dirawat di rumah sakit.

"Isolasi untuk yang gejala ringan sudah di asrama isolasi dan di hotel, karena sudah dipilah mana yang layak dirawat di rumah sakit mana yang bisa isolasi mandiri," kata dia.

Sementara itu, dia menyatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah membentuk Tim Task Force Covid-19 (TFC-19) yang diterjunkan ke 12 provinsi prioritas penanganan Covid-19 untuk melakukan tinjauan lapangan dalam rangka monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19 di daerah.

Dia menyebutkan penanganan Covid-19 di daerah harus sama atau terstandar dengan yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal ini dilakukan agar ada penurunan angka kasus Covid-19, dan peningkatan angka kesembuhan pasien.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US