KNKT Sebut Air Speed Indicator Rusak Sehingga Pilot Hilang Kendali

- Sabtu, 17 November 2018 | 12:23 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
(photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Mengacu pada data Flight Data Recorder (FDR) pesawat Lion Air JT610, KNKT mengatakan jika Air Speed Indicator pesawat mengalami kerusakan. Akibat kerusakan itu, pilot kehilangan kendali saat terbang.

Kepala Sub Komite Penerbangan Capt Nurcahyo Utomo menjelaskan, rusaknya Air Speed Indicator (Penunjuk Kecepatan) menyebabkan pilot kebingungan dalam mengendalikan pesawat.

“Sekarang kalau penunjuk kecepatannya rusak, mungkin akan menimbulkan kebingungan untuk para pilotnya, ini pesawat saya posisinya bagaimana, apakah ini saya sudah benar,” jelas Nurcahyo di Gedung KNKT, Senin (5/11), melansir Kumparan.

Nurcahyo menambahkan, rusaknya Air Speed Indicator itu menyebabkan adanya ketidaksesuaian antara kecepatan dan tinggi pesawat.

“Kalau normalnya seorang pilot terbang dengan posisi tertentu, dengan tenaga mesin tertentu, harusnya menimbulkan kecepatan tertentu. Mengapa kok ini berbeda akhirnya,” jelas Nurcahyo.

“Selama ini beredar informasi kenapa ketinggian naik turun, kenapa seolah enggak bisa mempertahankan ketinggian, bahwa pilot mengalami kesulitan, berdasarkan yang kita temukan memang terlihat masalahnya pada penunjuk kecepatan,” tambahnya lagi.

Hingga berita ini diturunkan, KNKT tengah berupaya mencari tau penyebab rusaknya Air Speed Indicator tersebut.

“Hari ini kita baru melihat ini loh yang rusak, dari sini baru kita ambil langkah ke depan kita harus cari tahu penyebabnya,” kata Nurcahyo.

“Apakah alat ukur sensor atau sistem komputer yang rusak,” tambahnya lagi.

KNKT pun belum dapat memastikan apakah rusaknya indikator itu menjadi penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT610.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X