11 Orang Terjaring OTT KPK, Diduga Korupsi Impor Bawang Putih

- Kamis, 8 Agustus 2019 | 09:50 WIB
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 11 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (7/8/2019) pukul 21.30 WIB. Ke-11 orang yang diamankan itu diduga termasuk pejabat negara dan terindikasi korupsi impor bawang putih. 

Selain pejabat negara, KPK juga turut mengamankan unsur swasta, serta pengusaha importir. Sopir hingga orang kepercayaan anggota DPR RI pun termasuk dalam 11 orang yang diamankan tersebut. 

Akan tetapi, KPK belum merincikan nama-nama yang diamankan dalam OTT kali ini. KPK bakal menentukan status hukum mereka setelah pemeriksaan 1x24 jam. 

"KPK sebelumnya menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia. Setelah kami cek di lapangan, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, melalui keterangan tertulis, Kamis (8/8/2019). 

Dalam OTT itu, KPK mengamankan barang bukti berupa transaksi uang elektronik. "Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp2 miliar," ujar Agus. 

KPK rencananya bakal menggelar konferensi pers terkait OTT 11 orang tersebut, Kamis malam ini. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X