The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lagi Tren Video Difoto Teman Vs Kurir, Ini Alasan Mengapa Kurir Minta Foto Konsumen
Tren konten video 'difoto teman vs kurir' di TikTok. (Istimewa)
News

Lagi Tren Video Difoto Teman Vs Kurir, Ini Alasan Mengapa Kurir Minta Foto Konsumen

Jumat, 06 Agustus 2021 10:12 WIB 06 Agustus 2021, 10:12 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini membuat konten video TikTok 'difoto teman vs kurir' tengah menjadi tren di kalangan netizen media sosial. Dalam konten video tersebut, netizen memperlihatkan foto dirinya saat dipotret oleh teman sendiri dan kurir ekspedisi ketika menerima barang belanja online.

Banyak netizen yang memperlihatkan foto dirinya dengan gaya yang modis serta pose mumpuni saat dipotret oleh teman sendiri.

Namun kondisi sebaliknya terjadi saat dipotret oleh kurir ketika sedang menerima barang belanja online. Netizen memperlihatkan fotonya dirinya dalam kondisi yang biasa saja, memakai pakaian rumah dan dipotret secara spontan.

Konten video tersebut pun sontak menjadi tren. Banyak netizen melalui akun TikToknya mengunggah konten video serupa.

Lalu, mengapa kurir ekspedisi meminta foto konsumen? Apakah sebagai koleksi pribadi atau memang bagian dari sistem pekerjaan?

Seorang pengguna YouTube yang berprofesi sebagai kurir ekspedisi melalui kanalnya 'Sang Kurir' mengungkap alasan mengapa seorang kurir ekspedisi meminta foto konsumen saat barang telah diterima.

"Banyak konsumen yang mengira bahwa ketika seorang kurir meminta foto, itu hanya untuk koleksi pribadi dan tidak ada hubungan dengan pekerjaan, apakah memang benar atau mengambil foto konsumen menjadi salah satu sistem ada di pekerjaan kurir?" ungkap dia.

Sang Kurir mengatakan meminta foto konsumsen merupakan bagian dari Standar Operasioanl Prosedur (SOP) seorang kurir ekspedisi. Setiap kurir akan dibekali oleh sebuah aplikasi terpadu dari perusahaan, dimana di aplikasi tersebut memuat data kurir dan juga konsumen.

Setiap kurir yang telah mengantarkan paket barang sampai ke tangan penerima, maka kurir wajib mengambil foto konsumen sebagai tanda bukti bahwa paket barang telah diterima oleh penerima.

Kurir akan mengambil foto konsumen melalui aplikasi, sehingga foto konsumen akan tetap terjaga kerahasiaannya. Untuk beberapa perusahaan ekspedisi, foto konsumen yang diambil oleh kurir akan termuat dalam aplikasi marketplace.

Sang Kurir pun mengakui bahwa sistem tersebut membuat banyak konsumen yang merasa tidak nyaman. Namun hal tersebut sudah menjadi SOP pekerjaan seorang kurir ekspedisi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US