Demi Keselamatan Bersama, Menhub Sarankan Masyarakat Tak Mudik Pakai Sepeda Motor

- Jumat, 22 April 2022 | 14:18 WIB
Sejumlah pemudik menggunakan sepeda motor melintasi Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Sejumlah pemudik menggunakan sepeda motor melintasi Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran tahun 2022.

Sebab, dia berkata mudik dengan sepeda motor punya risiko lebih tinggi ketimbang angkutan penumpang lainnya.Apalagi tingginya minat mudik masyarakat belakangan ini pemerintah ingin berjalan dengan aman dan sehat.

 “Kita ingin mudik tahun ini berjalan dengan aman dan sehat, serta membawa kegembiraan bagi masyarakat. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor karena sangat membahayakan,” kata Budi saat memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2022 di Stasiun Gambir sebagaimana dalam siaran persnya, Jumat (22/4/2022).

Karena itu Budi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis baik yang diselenggarakan Pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Baca Juga: Hindari Kepadatan, Menhub Himbau Masyarakat untuk Mudik Lebih Awal

Salah satu program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat itu program mudik motor gratis (Motis) yang diselenggarakan oleh Kemenhub bekerja sama dengan KAI Logistik. 

"Program ini diperuntukkan untuk pemudik yang sudah memiliki tiket kereta api, bus, atau travel, yang bertujuan untuk mengirimkan sepeda motornya ke kampung halaman yang dituju secara gratis," urainya.

Minta Masyarakat Mudik Lebih Cepat

Dalam kesempatan itu, Budi meminta kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Karena menurut dia hal ini penting dilakukan untuk menghindari kepadatan 

“Idealnya mudik di tanggal 23 s.d 27 April. Sebisa mungkin hindari melakukan perjalanan di hari puncak (28-30 April 2022),” bebernya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X