Pemda DIY Dirikan Kampus UMKM Bareng Shopee

- Jumat, 11 Februari 2022 | 13:37 WIB
Pemda DIY dengan PT Shopee Internasional Indonesia mendirikan Kampus UMKM (Istimewa)
Pemda DIY dengan PT Shopee Internasional Indonesia mendirikan Kampus UMKM (Istimewa)

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) berkolaborasi dengan PT Shopee Internasional Indonesia mendirikan Kampus UMKM untuk mendorong pelaku UMKM di provinsi ini naik kelas.

"Hadirnya Kampus UMKM Shopee ini dapat menjembatani kebutuhan UMKM DIY dalam mempermudah dan mempercepat digitalisasi UMKM DIY di tengah banyaknya produk luar yang membanjiri pasaran Indonesia dan DIY," kata Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat peresmian Kampus UMKM Shopee di halaman Kantor Diskop UKM DIY, Yogyakarta, Kamis (10/2/2022).

Lebih lanjut, Paku Alam menjelaskan UMKM perlu mendapatkan dukungan sebagai penggerak ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Di tengah pandemi COVID-19, UMKM merupakan penggerak perekonomian DIY yang didominasi industri mikro dan kecil sebesar 98,4 persen, serta penyerapan tenaga kerja yang mencapai 79 persen," kata dia.

Wagub berharap Shopee dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja dalam membantu perkembangan ratusan ribu UMKM DIY, sekaligus meningkatkan daya serap tenaga kerja di DIY untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional.

-
Pemda DIY dengan PT Shopee Internasional Indonesia mendirikan Kampus UMKM (Istimewa)

BACA JUGA: 3 Promo Shopee Minggu Ini Yang Nguntungin Banget!

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta, Srie Nurkyatsiwi berharap mampu membangkitkan semangat lebih dari tiga ratus ribu pelaku usaha UMKM DIY yang terus meningkat secara signifikan berdasarkan data Sibakul Jogja.

Oleh karena itu, kata dia, Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Shopee, memberikan solusi nyata melalui program edukasi dari hulu ke hilir sehingga mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan menjadi inspirasi bagi UMKM lokal untuk tetap tangguh di Revolusi Industri 4.0.

Di sisi lain, Head of Government Relations Shopee Indonesia Balques Manisang menegaskan komitmen jangka panjang Shopee untuk UMKM Indonesia.

"Kami memahami bahwa keterampilan digital yang mumpuni menjadi salah satu tantangan bagi UMKM lokal untuk mengembangkan bisnis mereka," ujar dia.

Oleh karena itu, lanjut Balques, setelah hadir di Solo, Bandung, Semarang, dan Jakarta, Shopee membuka kampus kelima di DIY.

Kampus ini ditargetkan dapat menjangkau lebih banyak UMKM di wilayah DIY agar dapat naik kelas dengan mudah melalui penerapan literasi digital, bahkan sesederhana memaksimalkan penjualan melalui telepon pintar.

"Kami berterima kasih kepada Pemda DIY atas kepercayaan, dukungan, dan sinergi yang diberikan untuk dapat bersama-sama mendukung UMKM di DIY melalui Kampus UMKM," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X