Terkait Pembukaan Akses Turis Asing di Bali, Puan: Semoga Bisa Memberikan Manfaat

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Puan Maharani. (photo/ANTARA/HO-DPR RI)
Puan Maharani. (photo/ANTARA/HO-DPR RI)

Terkait pembukaan akses bagi wisatawan asing di Bali, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani berharap bisa memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

"Agar UMKM pun kembali bertumbuh, khususnya di sektor pariwisata. Kios-kios di tempat wisata juga kembali hidup," kata Puan, Selasa (12/10).

Dengan meningkatnya ekonomi rakyat, Puan yakin ekonomi daerah juga akan tumbuh sehingga tercapai kesejahteraan.

"Semoga 'pembukaan pintu' Bali ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi rakyat setempat," katanya.

Pertumbuhan ekonomi daerah yang baik akan berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Karenanya, pemerintah daerah dan pusat harus bahu membahu membuka sektor pariwisatanya.

"Tak hanya untuk memulihkan sektor pariwisata, tetapi juga untuk membangun optimisme UMKM. Saat sektor-sektor perekonomian kembali bergerak, pada akhirnya rakyat yang akan mendapatkan manfaat," kata Puan.

Meski sudah dibuka, namun ada beberapa syarat yang ditetapkan pemerintah, di antaranya telah divaksin lengkap, menjalani tes kesehatan, serta karantina 5-8 hari dengan biaya sendiri.

"Beberapa negara lain juga melakukan hal serupa. Semua tahapan ini harus dijalani sesuai ketentuan, sehingga kita bisa menghindari terjadinya imported case, dan warga Bali juga merasa aman dengan kehadiran para wisatawan asing,"  ujarnya lagi.

Tak hanya itu, Puan juga meminta agar fasilitas protokol kesehatan di Bandara Internasional Ngurah Rai terus dipenuhi.

"Saya yakin pemerintah sudah mempersiapkan sebaik-baiknya. Namun saya mengingatkan agar pengawasan yang ketat selalu dilakukan, termasuk di tempat-tempat wisata," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X