Mantap! Penyelundupan 100 Ribu Benih Lobster ke Singapura Berhasil Digagalkan

- Senin, 19 April 2021 | 09:46 WIB
Ilustrasi benih lobster. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Ilustrasi benih lobster. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Satgas Gakkum BBL Bareskrim Polri bersama Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPM-KKP) berhasil mengagalkan penyelundupan benih lobster dengan tujuan ke negara Singapura. Tak tanggung-tanggung, benih lobster yang hendak diselundupkan sebanyak 100 ribu lebih benih lobster.

Pengungkapan kasus ini dilakukan pada 16 April 2021 yang lalu di Kampung Ciero Gede, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Banten. Kasus itu sendiri terungkap setelah adanya informasi dari masyarakat mengenai transaksi ilegal benih lobster.

"Berdasarkan pendalaman atas informasi itu, diketahui penyelendupan ke Singapura akan menggunakan jalur darat melalui daerah Sumatera. Tim kemudian melaksanakan observasi dan pengamatan di lokasi yang dicurigai," kata Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (19/4/2021).

Setelah melakukan pengamatan, tim mencurigai dua unit mobil dan dilakukan pembuntutan. Kemudian, tim menghentikan mobil tersebut dan melakukan penggerebekan.

"Saat dilakukan penyergapan, satu sopir dan satu pengawalnya melarikan diri. Namun, petugas berhasil mengamankan seorang sopir berinisial S, warga Kelurahan Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sedangkan dua orang yang berhasil melarikan diri masih dalam pengejaran," beber Pipit.

Dari mobil tersebut, polisi menemukan sekitar 20 dus sterofom yang berisi 100 ribu ekor benih lobster. Brigjen Pipit menegaskan pihaknya akan terus mendalami dan mengembangkan kasus tersebut.

Mengenai bibit lobster tersebut, Pipit menyebut benih lobster tersebut sudah dilepas ke laut. Pelepasan itu sendiri dilakukan oleh KKP.

"Ratusan ribu benih bening lobster kemudian dilepas liarkan BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan di wilayah Serang, Banten, dengan kawalan personel Bareskrim," pungkas Pipit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X