Komite Ahli Inggris Menyarankan Wanita Hamil Menggunakan Vaksin Pfizer atau Moderna

- Sabtu, 17 April 2021 | 12:05 WIB
Vaksin Covid-19 yang disaran untuk wanita hamil (REUTERS/Dado Ruvic)
Vaksin Covid-19 yang disaran untuk wanita hamil (REUTERS/Dado Ruvic)

Wanita hamil di Inggris harus mendapatkan vaksin Covid-19 yang dibuat oleh Pfizer atau Moderna karena ada lebih banyak data dunia nyata yang menunjukkan bahwa mereka aman, kata badan publik Inggris yang memberi nasihat tentang vaksinasi, dikutip dari Reuters.

Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) mengatakan sekitar 90.000 wanita hamil telah divaksinasi di Amerika Serikat, terutama dengan dua vaksin Amerika, tanpa ada masalah keamanan yang diangkat.

"Berdasarkan data ini, JCVI menyarankan bahwa wanita hamil di Inggris lebih baik ditawari vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna jika tersedia," katanya.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin lain tidak aman untuk wanita hamil, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian," lanjutnya.

Wanita hamil sebelumnya telah disarankan untuk tidak menggunakan vaksin di Inggris karena tidak cukup informasi yang diketahui tentang dampaknya.

"Saya mendorong semua wanita hamil ketika mereka dipanggil untuk mendapatkan suntikan untuk maju dan membahas manfaat dan risiko vaksin dengan sumber terpercaya seperti dokter umum (dokter keluarga), dokter kandungan atau bidan," kata Sekretaris Kesehatan Matt Hancock.

Inggris baru-baru ini menyarankan bahwa semua yang berusia di bawah 30 tahun harus diberi vaksin alternatif untuk suntikan Oxford / AstraZeneca (AZN.L) jika memungkinkan karena efek samping yang 'semakin jarang' dari pembekuan darah di otak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X