BEM UI Dipanggil karena Postingan Jokowi The King of Lip Service, PKB: Rektorat Lebay

- Senin, 28 Juni 2021 | 19:29 WIB
Postingan Jokowi The King of Lip Service di Instagram BEM UI (Instagram @bemui_official).
Postingan Jokowi The King of Lip Service di Instagram BEM UI (Instagram @bemui_official).

Rektorat Universitas Indonesia (UI) memanggil Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI pasca mengeluarkan poster Presiden Jokowi sebagai the king of lip service. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai pemanggilan tersebut terlalu berlebihan.

“Rektoratnya lebay. Tapi ya hadapi saja karena ada bagusnya juga untuk BEM dipanggil, sehingga BEM bisa melakukan klarifikasi secara mendalam agar diskusi dua arah mahasiwa dan civitas akademika bisa berlangsung secara demokratis dan berakal-sehat,” kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan kepada Indozone, Senin (28/6/2021).

Doa menekankan bilamana mahasiswa mempunyai kreativitas yang tinggi di dalam menyampaikan kritiknya. Kemudian selama masih dalam koridor demokrasi tidak perlu dipermasalahkan.

Baca Juga: Sosok Rektor yang Panggil Pengurus BEM UI Buntut Postingan 'The King of Lip Service'

“Sebagaimana presiden pun selalu membuka pintu dialog dengan berbagai kritik yang ada, mahasiswa itu kadang punya kreativitas tinggi dalam menyampikan kritiknya dan selama masih dalam koridor demokrasi tidak perlu terlalu dipermasalahkan, kalaupun dianggap terlalu nyentrik atau melanggar etik,” tegasnya.

Di sisi lain, Daniel menyampikan agar pihak kampus agar tidak mematikan daya kritis mahasiswanya sendiri. Ditambah lagi mahasiswa itu tidak terlalu kental dengan kepentingan.

“Kampus punya kode etik tetapi jangan sampai kode etik kampus mematikan daya kritis mahasiswa itu sendiri, bangsa ini masih membutuhkan kekritisan mahasiswa yang sejauh ini tidak terlalu kental dengan kepentingan,” ucapnya.

“Dan munculnya kritik menandakan daya kritis mahasiswa masih hidup, bahwa mahasiswa masih memiliki rasa kepedulian dan idealisme yang kuat terhadap bangsa ini,” imbuh Daniel.

Sebelumnya diwartakan, Kepala Humas dan KIP UI, Amelita Lusia UI menyatakan bahwa pemanggilan tersebut merupakan bentuk pembinaan.

"Atas pemuatan meme tersebut di media sosial, Universitas Indonesia mengambil sikap tegas dengan segera melakukan pemanggilan terhadap BEM UI pada sore hari Minggu, 27 Juni 2021. Pemanggilan terhadap BEM UI ini karena menilai urgensi dari masalah yang sudah ramai sejak postingan yang mereka buat di akun sosial media BEM UI. Pemanggilan ini adalah bagian dari proses pembinaan kemahasiswaan yang ada di UI," kata Amelita dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (27/6/2021).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X